Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Rabu, 18 Desember 2019 | 14:13 WIB
Pelatih Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman menjalani latihan perdana di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Suara.com - Kegagalan mencapai target medali di SEA Games 2019 membuat Timnas basket Indonesia berbenah. Salah satunya dengan merombak susunan pemain.

Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella mengatakan, dari 12 pemain yang berlaga di SEA Games ke-30 di Filipina, tiga diantaranya telah dicoret dan diganti sosok-sosok baru.

Ketiganya antara lain Juan Laurent Kokodiputra, Avan Saputra, dan Reggie William Mononimbar. Mereka digantikan oleh Lester Prosper, Brandon Jawato, dan Arki Dikania Wisnu.

"Mereka kemarin menit bermainnya kurang banyak. Hasil di SEA Games 2019 kemarin juga bukan yang kami diharapkan," ujar Mocha, sapaan akrab Fareza saat dihubungi Suara.com, Rabu (18/12/2019).

"Jadi ada perubahan. Apalagi Februari 2020 ada kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Jadi kita harapkan dapat yang terbaik," sambungnya.

Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, ditemui di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Mocha mengatakan bahwa skuat Timnas Indonesia sudah kembali berlatih di bawah asuhan Rajko Toroman hari ini, Rabu (18/12/2019).

Mereka bakal bekerja keras dan melakukan evaluasi hingga, Minggu (22/12/2019), sebelum kembali berlatih usai libur Natal pada 26 Desember mendatang.

Sebagai informasi, Timnas basket Indonesia gagal meraih medali di SEA Games 2019 setelah kalah dari Vietnam di laga perebutan peringkat ketiga.

Pebasket Indonesia Kevin Sitorus (kedua kiri) mencoba memblok bola dari pebasket Filipina Jeth Roy Rosario (kedua kanan) dalam pertandingan babak semifinal basket putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12). [Antara/Sigid Kurniawan]

Hasil itu merupakan penurunan dari SEA Games dua tahun lalu di Malaysia, di mana skuat Timnas Indonesia menjadi runner-up setelah kalah dari Filipina di final.