Sport / balap
Rizki Nurmansyah
Jorge Lorenzo saat menjalani tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, sebagai pebalap penguji Yamaha, Minggu (9/2/2020). [AFP/Mohd Rasfan]

Suara.com - Pebalap penguji Monster Energy Yamaha Jorge Lorenzo buka suara terkait performa motor YZR-M1 yang jadi andalan Yamaha di kejuaraan dunia MotoGP.

Menurut Lorenzo, motor pabrikan asal Jepang itu tak banyak mengalami perubahan sejak ia tinggalkan tiga tahun lalu.

Lorenzo terakhir kali menunggangi mesin Yamaha sebagai pebalap ofisial pada 2016 dan mempersembahkan mereka gelar juara dunia, mematahkan dominasi Honda dan Marc Marquez.

"Ketika menjadi pebalap ofisial Yamaha, prioritas saya adalah untuk memenangi kejuaraan," kata Lorenzo dalam wawancara virtual di laman resmi MotoGP, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga: Kabar Duka! Legenda MotoGP Asal Italia Meninggal Dunia

"Sekarang saya memiliki peran yang benar-benar berbeda, dan tujuan saya adalah agar para pebalap Yamaha memenangi kejuaraan," sambungnya.

Jorge Lorenzo menjelaskan bahwa ada plus minus dari motor Yamaha YZR-M1 sejak ditinggalkannya pada 2017 silam.

"Yamaha selama empat tahun ini tak banyak berubah. Di satu sisi itu positif, tapi di sisi lain itu juga negatif," tuturnya.

"Positif karena ini motor yang hebat yang saya gunakan untuk merebut gelar juara sebelum saya tinggalkan."

"Tapi hal buruknya setelah empat tahun motor ini tak banyak berubah," ungkap pebalap asal Spanyol.

Baca Juga: Perang Kata-Kata, Morales Sebut Marquez Selalu Menghindar Melawannya

Jorge Lorenzo berada di paddock Yamaha saat sesi latihan bebas ketiga MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (29/10/2016). [AFP/Manan Vatsyayana]

Jorge Lorenzo memutuskan pindah ke Ducati selama dua musim dan memperkuat Honda tahun lalu sebelum menyatakan pensiun di akhir musim.

Komentar

terkini