Sport / raket
Arief Apriadi
Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lolos ke semifinal setelah menaklukkan unggulan kedua asal Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 18-21, 21-17, 21-11 pada laga penyisihan terakhir Grup B BWF World Tour Finals yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (29/1/2021). (ANTARA/Badmintonphoto/BWF/Raphael Sachetat)

Suara.com - Proses pemberian vaksin Covid-19 untuk kalangan atlet nasional mulai dijalankan pemerintah. Atlet basket dan bulutangkis jadi paling cepat mendapatkannya.

Menurut Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, atlet dari dua cabang olahraga di atas bakal segera mendapatkan vaksin Covid-19 pekan ini.

Bukan tanpa alasan bulutangkis dan basket mendapat prioritas lebih. Pasalnya, wakil-wakil Merah Putih di dua cabang olahraga tersebut sudah ditunggu event-event internasional.

"Ya betul mana yang paling (urgent). Misalnya (basket) itu ada kualifikasi FIBA Asia, lalu bulutangkis bulan depan ada All England," kata Gatot saat dihubungi wartawan, Selasa (16/2/2021).

Baca Juga: Timnas Basket Indonesia Lanjutkan Kualifikasi FIBA Asia Cup di Filipina

"Dan saya dengar ada beberapa juga [turnamen yang diikuti] merupakan kualifikasi Olimpiade, itu masuk prioritas kami untuk disegerakan mendapat vaksin," tambahnya.

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto saat menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepemahaman (MoU) antara Kemenpora dan KOI terkait pencairan anggaran SEA Games 2019 di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019). (Suara.com/ Arief Apriadi)

Gatot mengatakan bahwa kepastian tersebut adalah bagian dari janji Kementerian Kesehatan yang lewat Sekretaris Jendral Oscar Primadi, menyebut siap memvaksinasi atlet yang namanya diusulkan Kemenpora pekan ini.

Kemenpora telah mengusulkan 1.500 nama atlet dari 20 cabang olahraga dan sekolah khusus olahraga (SKO) agar menjadi prioritas vaksinasi Covid-19. Kelengkapan data mereka sudah diberikan kepada Kemenkes.

Komentar