Sport / balap
Syaiful Rachman
Pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco (kanan), pebalap Aprilia Aleix Espargaro, dan pebalap tim Suzuki Ecstar Alex Rins menjalani sesi latihan bebas pertama Grand Prix Prancis, Sirkuit Bugatti, Le Mans. (14/5/2021) (ANTARA/AFP/Jean-Francois Monier)

Suara.com - Pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco memuncaki catatan waktu sesi latihan Grand Prix Catalunya setelah tampil tercepat dalam latihan kedua atau FP2 pada Jumat (4/6/2021).

Upaya pada menit-menit terakhir sang pebalap Prancis berhasil mencatatkan waktu 1'39,235 sehingga mengalahkan pebalap tim Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli yang menempati peringkat dua dengan margin tipis 0,021 detik.

Sedangkan pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo, finis P3 untuk tim Monster Energy Yamaha dengan jarak 0,166 detik dari kompatriotnya, demikian laman resmi MotoGP.

Brad Binder tampil kompetitif dan finis P4 untuk KTM berkat sasis baru yang dibawa sejak GP Italia pekan lalu, sedangkan rekan satu timnya, Miguel Oliveira, gagal menembus sepuluh besar pada sesi siang dan terlempar ke P14.

Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP Catalunya: Aleix Espargaro Tercepat, Marquez & Rossi Tercecer

Hampir seluruh pebalap mampu tampil lebih cepat dari sesi pagi, kecuali rookie Jorge Martin, yang kembali membalap pascacedera di Portimao.

Duet tim Ducati, Francesco Bagnaia dan Jack Miller, memperbaiki posisi mereka ke P6 dan P7, mengapit Maverick Vinales yang kini bekerja sama dengan Silvano Galbusera, yang pernah menangani Valentino Rossi, sebagai crew chief baru menggantikan Esteban Garcia.

Rookie tim Avintia, Enea Bastianini mendapati hasil terbaik dalam latihan bebas setelah merangsek ke P8 saat Espargaro bersaudara, Aleix dan Pol, melengkapi posisi sepuluh besar untuk tim Aprilia dan Repsol Honda.

Marc Marquez menjalani balapan kelimanya sejak kembali ke MotoGP pascacedera berkepanjangan namun masih kewalahan dengan lengan kanan dan bahunya.

Sang juara dunia delapan kali tersungkur pada P15 kendati sesi FP2 berjalan sangat ketat dengan selisih catatan waktu 16 pebalap teratas berada dalam rentang kurang dari satu detik.

Baca Juga: Maverick Vinales Bongkar Alasan Kenapa Dirinya Mengganti Crew Chief di MotoGP Catalunya

Marquez, Joan Mir, dan Valentino Rossi masih memiliki kesempatan untuk menempatkan diri pada peringkat sepuluh besar catatan waktu kombinasi latihan setelah FP3 pada Sabtu untuk mengamankan tiket lolos langsung ke Kualifikasi 2 (Q2).

Komentar