Sport / arena
Rifan Aditya
Jenis dan Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan Tubuh - ilustrasi senam

Suara.com - Senam lantai disebut juga floor exercise mungkin tidak lagi asing di telinga Anda. Senam lantai adalah salah satu jenis cabang olahraga yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan mental.

Meskipun terlihat aman dilakukan, salah satu jenis senam ini bisa dikatakan ekstrim karena memerlukan keterampilan yang ekstra dengan menonjolkan gerakan yang indah, rumit luwes, seimbang, dan lentur. Untuk itu, simak dahulu pengertian dan jenis senam lantai berikut ini.

Pengertian Senam Lantai

Senam lantai adalah  salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan gerakan di lantai dan menggunakan matras sebagai alasnya. Senam berasal dari kata “gymnastic” yang dilakukan di ruang khusus dengan memadukan performa gerak, kekuatan, kecepatan, dan gerak yang serasi.

Baca Juga: Lompat Kangkang: Pengertian, Cara Melakukan dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Matras dalam senam lantai berfungsi sebagai alat bantu utama dalam mengurangi resiko terjadinya cedera. Hal ini karena gerakan senam lantai banyak bersentuhan dengan lantai, seperti berguling, melompat hingga meloncat.

Idealnya, luas lantai untuk senam lantai adalah 12 x 12 meter di dalam ruangan berukuran 14 x 14 meter. Lantai dilapisi karpet dengan tebal kira-kira 0,045 meter.

Ilustrasi mengenalkan anak pada senam. (Shutterstock)

Jenis Senam Lantai

Senam lantai terdiri dari gerakan akrobatik dan tumbling dengan memakai alat bantu atau tidak.

1. Senam Tanpa Alat

Baca Juga: Sikap Lilin, Cara Melakukan Salah Satu Gerakan Senam Lantai

Senam tanpa alat dilakukan di atas lantai dengan menggunakan matras. Jenis senam ini juga biasa disebut dengan senam bebas karena gerakan-gerakan di dalamnya tidak menggunakan alat.

Komentar