Sport / arena
Arief Apriadi
Sprinter putri Indonesia, Alvin Tehupeiory (ketiga dari bawah) saat tampil di babak penyisihan nomor lalri 100 meter putri cabang olahraga atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade, Tokyo, Jumat (30/7/2021). Ina FASSBENDER / AFP.

Suara.com - Sprinter putri Indonesia, Alvin Tehupeiory berhasil finis ketiga dalam babak penyisihan nomor lari 100 meter putri cabang olahraga atletik Olimpiade Tokyo 2020, Jumat (30/7/2021).

Tampil di lane 7 heat 3, Alvin Tehupeiory finis dengan waktu 11,89 detik. Catatan waktunya cuma kalah dari Joella Lloyd asal Antigua dan Barbuda (11,55 detik), serta sprinter Malawi, Asimenye Simwaka (11,76 detik).

Dengan hasil ini, Alvin Tehupeiory yang punya personal best 11,64 detik berhak melaju ke putaran pertama nomor lari 100 meter putri cabang olahraga atletik.

Alvin yang akan turun di lane 2 heat 2, dijadwalkan tampil di putaran pertama hari ini, Jumat (30/7/2021) pukul 10.23 WIB.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Akan Beri Uang Tunai Untuk Rahmat Erwin Abdullah

Sama seperti babak penyisihan, tiga sprinter terbaik berhak melaju ke babak selanjutnya, yakni semifinal.

Merujuk lawan-lawan yang akan dihadapi, Alvin kemungkinan besar sulit untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Arsip foto - Ekspresi atlet asal Maluku Alvin Tehupeiory saat mencapai garis finish pada urutan pertama dalam final nomor Lari 200 Meter Senior Putri Kejurnas Atletik 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj

Menjadi satu-satunya wakil Asia di heat 2, Alvin akan menghadapi lawan-lawan dari Amerika Latin, Eropa, dan Afrika di mana personal best mereka jauh di atas Alvin.

Sebagaimana dilansir dari Antara, tak ada target medali dari cabang olahraga atletik. Namun demikian, Alvin diharapkan mampu memecahkan rekor nasional 11.56 detik yang telah 22 tahun dipegang Irene Truitje Joseph.

Alvin tampil di Olimpiade Tokyo setelah terpilih melalui jalur wildcard. Ia menggantikan pelari gawang 100 meter putri, Emilia Nova yang sebelumnya diproyeksikan mengisi posisi tersebut. Emilia sendiri gagal berangkat ke Jepang karena cedera punggung.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo: Anthony Ginting Tak Pusingkan Lawan di Perempatfinal

Alvin sendiri dinilai layak mendapat kesempatan tampil di Tokyo karena merupakan pemegang rekor nasional lari 200 meter dengan waktu 23,76 detik, saat berlaga di Kejuaraan Nasional 2019 di Cibinong, Bogor.

Komentar