Sport / raket
Rully Fauzi
Ganda putra Indonesia, Kevim Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon. (ANTARA/HO-Humas PP PBSI)

Suara.com - Ganda putra asal Jepang, Takuro Hoki / Yugo Kobayashi keluar sebagai juara turnamen akhir tahun BWF World Tour Finals 2021 setelah mengalahkan wakil Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon pada babak final yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Minggu (5/12/2021).

Ganda putra peringkat satu andalan Indonesia ini dikalahkan dalam laga rubber game 16-21, 21-13, 17-21 setelah berjuang selana 61 menit.

Kevin / Marcus dan Hoki / Kobayashi langsung terlibat persaingan ketat dan kejar mengejar skor pun terjadi.

Untuk sementara, Kevin / Marcus unggul dengan skor 11-6 sebelum akhirnya disaingi lawannya yang membalikkan keunggulan setelah bermain lebih sabar.

Baca Juga: Top 5 Sport Sepekan: Juara Indonesia Open 2021, Kevin / Marcus Cetak Sejarah

Titik balik terjadi di skor 15-13, di mana Hoki/ Kobayashi mampu mengejar dengan dropshot andalan mereka hingga skor pun berbalik tertinggal bagi The Minions --julukan Kevin / Marcus jadi 15-17.

Hoki / Kobayashi terus melenggang meninggalkan skor Kevin / Marcus, dan gim pun usai dengan keunggulan bagi Jepang lewat skor 16-21.

Masuk gim kedua, permainan Hoki / Kobayashi mengalami perubahan dan tekanan yang mereka lancarkan berkurang. Kondisi ini memberi ruang bagi Kevin / Marcus untuk menyerang dan menambah keunggulan poin 11-6.

Keunggulan terus dipertahankan pasangan peringkat satu dunia ini tidak hanya dengan pertahanan yang rapi, The Minions juga beberapa kali memainkan teknik-teknik pukulan memukau namun mematikan.

Di menit ke-38, Kevin / Marcus mengunci keunggulan 21-13 dan memaksa dimainkannya gim penentuan.

Baca Juga: BWF World Tour Finals 2021: Kevin/Marcus Melaju ke Final

Setelah bermain lambat di gim kedua, Hoki / Kobayashi kembali meningkatkan performa mereka yang berujung keberhasilan mengunci keunggulan 6-0 atas Kevin / Marcus.

Kerja keras Kevin / Marcus untuk mengejar ketertinggalan menemukan titik terang saat mereka memperkecil selisih skor menjadi 8-10 dari ganda putra peringkat keempat itu.

Perjuangan masih berlanjut saat The Minions membalikkan keadaan dengan skor 15-14 di menit ke-56 setelah mengumpulkan poin demi poin.

Namun kondisi menggembirakan tak berlangsung lama bagi Kevin / Marcus. Akibat error pengembalian, membuat Hoki/Kobayashi mencuri kesempatan untuk membalikkan keadaan menjadi 16-17.

Wakil Jepang ini terus menjaga konsistensi serangan smes dan dropshot serta drive rapat.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 21-17, menambah catatan gelar kedua bagi Hoki/Kobayashi dalam tiga pertemuan babak final dengan Minions secara berturut-turut dalam ajang Indonesia Badminton Festival tahun ini. 

Komentar