Tekno / sains
Dythia Novianty
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]

Suara.com - Para peneliti tengah menjalankan uji coba vaksin BCG tuberkulosis (TBC) pada petugas perawatan garis depan di Inggris untuk efektivitas melawan Covid-19.

Vaksin Bacillus Calmette-Gu©rin (BCG), yang digunakan untuk melindungi dari tuberkulosis, menginduksi respons sistem kekebalan bawaan yang luas, dan telah terbukti melindungi terhadap infeksi atau penyakit parah dengan patogen pernapasan lainnya.

"BCG telah terbukti meningkatkan imunitas secara umum, yang mungkin dapat menawarkan perlindungan terhadap Covid-19," kata Profesor John Campbell, dari Sekolah Kedokteran University of Exeter dilansir laman Antara, Senin (12/10/2020).

Menurutnya, kini sedang dicari cara menentukan apakah vaksin BCG dapat membantu melindungi orang yang berisiko Covid-19.

Baca Juga: Kabar Baik, Vaksin Covid-19 Disebut Tidak Berpengaruh pada Mutasi Virus

Ilustrasi virus tuberkulosis,TBC [iLexx/Envato]

"Jika ya, kami dapat menyelamatkan nyawa dengan memberikan atau menambah vaksinasi yang sudah tersedia dan hemat biaya ini," ujarnya.

Studi yang dilakukan di Inggris adalah bagian dari uji coba yang dipimpin Australia, yang diluncurkan pada April lalu dan juga dilakukan di Belanda, Spanyol, dan Brasil. Vaksin BCG juga sedang diuji sebagai perlindungan terhadap Covid-19 di Afrika Selatan.

Komentar