Tekno / internet
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilustrasi guru. (Shutterstock)

Suara.com - Kesejahteraan guru yang tidak merata di Indonesia membuat profesi guru kerap dipandang sebelah mata.

Padahal, guru sangat berjasa untuk mencerdaskan generasi berikutnya.

Sebuah video viral belakangan ini, terekam seorang guru honorer di Taman Kanak-kanak (TK) menangis saat mengajar di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

Video yang diunggah oleh akun TikTok @indonesia_maju01_ pada 11 Oktober itu tampak Nadiem tengah berdiri berhadapan dengan seorang guru TK.

Baca Juga: Viral Cerita Balita Siarkan Ibunya Mandi Live di Instagram

Guru tersebut memeluk dan menangis tersedu-sedu lalu memegang tangan Nadiem, mengeluarkan isi hatinya bahwa para guru honorer di sana hanya dibayar Rp 100.000 per bulan.

"Kami hanya berlima pak menteri di TK Negeri di Lombok Tengah. Kami minta tolong, pak menteri.." isak guru perempuan tersebut dengan suara bergetar.

Curhatan pilu guru honorer. [TikTok]

Diketahui para guru itu mengajar di TK Negeri Pembina, Lombok Tengah, NTB. Beberapa guru lainnya juga terlihat menyalami tangan Nadiem, mengharapkan curhatan rekan satu profesinya didengar.

"Guru honorer menangis saat mengajar di hadapan Nadiem Makarim, curhat honor Rp 100 ribu per bulan. Semoga mas Menteri Nadiem Makarim bisa membantu guru-guru honorer untuk dapat lebih layak," tulis pemilik akun dalam keterangan pada videonya.

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 439.400 penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 28.300 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

Baca Juga: Viral Gaji Guru Honorer Rp 75 Ribu, Sosoknya Bikin Murid Cowok Rajin Sekolah

"Ketahuilah Rp 100 ribu bisa mencetak jenderal, presiden, akankah tidak terketuk hatinya untuk mengangkat kesejahteraan guru?" tulis akun @user6266036028393.

Komentar