Tekno / sains
Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Bill Gates mengatakan varian Omicron akan menjadi seperti flu biasa, karena manusia sudah kebal. [Evan Vucci/POOL/AFP]

Suara.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates, memprediksi Covid-19 varian Omicron akan segera hilang. Setelahnya, Covid-19 akan berubah menjadi flu musiman.

Melalui akun Twitter, Gates menyebut kalau Omicron akan menciptakan banyak kekebalan di tubuh manusia dalam jangka satu tahun. Setelah Omicron hilang, maka penanganan Covid-19 menjadi jauh lebih mudah.

"Situasi ini hanya sementara, dan tidak akan berlaku selamanya. Perubahan pasti tak terelakkan. Oleh karena itu, dalam setahun, segalanya bisa berubah," kata Gates, dikutip dari The NU Herald, Senin (17/1/2022).

Bill Gates yakin kalau Covid-19 bisa menjadi new normal seiring berjalannya waktu. Ia tak menampik kalau Omicron adalah salah satu varian paling menular yang pernah muncul di dunia.

Baca Juga: Peneliti: Vaksin Booster Sinovac Tingkatkan Perlindungan Tanpa Ada Efek Samping Berat

Menurutnya, tak ada varian lain yang bisa muncul lebih menular selain Omicron. Namun ia percaya kalau AS secara bertahap bakal memiliki kasus Covid-19 lebih sedikit.

Prediksi Bill Gates tersebut diyakini bukanlah ucapan omong kosong. Menurut para dokter, Covid-19 juga bakal berubah dalam setahun ke depan.

Lebih lanjut, Gates mengatakan kalau vaksin Covid-19 yang ada saat ini hanya mencegah penyakit menjadi lebih buruk atau meminimalisir kematian. Untuk itulah, ia menyarankan kalau vaksin Covid-19 selanjutnya mampu mencegah infeksi kembali terjadi dan memiliki ketahanan lama.

Komentar