Bola / bola-dunia
Liberty Jemadu
Para pemain Atletico Madrid bergembira merayakan kemenangan 2-0 atas Barcelona di leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (13/4) [Reuters/Sergio Perez].

Suara.com - Barcelona secara mengejutkan dibungkam tuan rumah Atletico Madrid di leg kedua perempat final Liga Champions yang digelar di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Rabu malam (13/4/2016).

Dengan kekalahan itu Barca dipastikan tersingkir dari Liga Champions dan tak bisa mempertahankan gelar yang diraihnya musim lalu karena secara agregat kalah dengan skor 3-2 dari Atletico.

Dua gol Atletico di laga itu diciptakan oleh gelandang Prancis, Antoine Griezmann, masing-masing di babak pertama dan kedua.

Kekalahan Barca tak lepas dari kedisiplinan permainan tim besutan Diego Simeone dan juga keputusan pelatih Luis Enrique untuk menerapkan permainan hati-hati di babak pertama.

Sejak awal laga, Barca terlihat tak leluasa memainkan bola. Tak ada umpan dari kaki ke kaki, apa lagi ketika para pemain Atletico merangsek menekan hingga ke kotak penalti Blaugrana. Alih-alih, para pemain Barca sering kehilangan bola, jika tak dipaksa melancarkan umpan-umpan panjang.

Sebaliknya Atletico tampil sangat energetik dan menguasai lapangan. Sejak awal babak pertama, mereka sudah melepaskan sejumlah tembakan ke gawang tamunya.

Gol sendiri baru tercipta di menit 36, ketika Griezmann yang tak terkawal di kotak penalti, menanduk masuk bola kiriman Saul Niguez dari sayap kanan.

Barca, yang nyaris tak pernah mengancam gawang Atletico di babak pertama, baru keluar menyerang di babak kedua. Hampir di sepanjang laga, Lionel Messi dkk mengurung kotak penalti Atletico, meski jarang menciptakan peluang.

Peluang emas datang ke kaki Luis Suarez dua kali. Di awal babak pertama, menerima umpan di dalam kotak penalti, tembakan keras striker Uruguay itu masih bisa ditangkap penjaga gawang Jan Oblak.

Peluang kedua lahir dengan pola yang nyaris sama. Ia menerima umpan lambung dari Sergio Busquets di dalam kotak penalti, sayang tembakannya juga jatuh di pelukan Oblak.