Penyerang Timnas Indonesia U-18, Bagus Kahfi (kanan). [ANTARA FOTO/Yusran Uccang]

Suara.com - Jelang melakoni laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Timnas Senior Indonesia sudah mulai berkumpul untuk menggelar pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (21/8/2019). Sebagian besar pemain sudah bergabung untuk ikut pemusatan latihan.

Timnas Indonesia akan melakoni latihan perdana pada Kamis (22/8/2019) sore ini di Stadion Pakansari.

Pemusatan latihan ini dilakukan sebagai persiapan jelang melakoni dua laga awal di Grup G, yakni melawan Malaysia pada 5 September 2019 mendatang serta Thailand (10/9/2819).

Namun, ada perubahan dalam skuat yang sebelumnya telah dibentuk pelatih Timnas Senior Indonesia, Simon McMenemy.

Ya, McMenemy mencoret pemain belakang Arema FC, Johan Alfarizi karena cedera dan memanggil Ruben Sanadi dari Persebaya.

Selain itu juga, ada dua nama 'spesial' yang juga ikut berlatih. Mereka adalah penggawa Timnas Indonesia U-18, Bagus Kahfi serta gelandang Timnas Indonesia U-23, Hanif Sjahbandi. 

"Kami mengganti Alfarizi dengan Ruben. Selain itu, ada Bagus Kahfi dan Hanif Sjahbandi yang kami undang untuk ikut latihan bersama Timnas Senior Indonesia," ungkap McMenemy dalam keterangan resminya.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. [Suara.com/Adie Prasetyo]

McMenemy sendiri sengaja mengajak Bagus Kahfi ikut latihan karena terkesan dengan penampilan sang striker di Piala AFF U-18 2018 lalu.

Meski Timnas Indonesia U-18 gagal menjadi juara, striker berambut kribo itu dianggap memiliki impact yang cukup baik untuk tim berjuluk Garuda Nusantara.

"Bagus Kahfi kami beri kesempatan berlatih bersama Timnas Senior Indonesia sebagai bentuk apresiasi setelah bermain bagus pada Piala AFF U-18 2019 kemarin," tutur McMenemy. 

"Saya harap pengalaman ini dapat dia maksimalkan untuk meningkatkan kemampuannya sebagai pemain masa depan Timnas Indonesia," tukas pelatih berpaspor Skotlandia tersebut.

Pada pemusatan kali ini juga ada sederet debutan Timnas Indonesia. Mereka adalah dua pilar Tira-Persikabo, yakni penyerang naturalisasi Osas Saha dan penjaga gawang Angga Saputra, serta bek Bali United I Made Andhika Wijaya. 

Pemusatan latihan di Bogor akan berlangsung hingga 29 Agustus 2019. Namun pada 30 Agustus, pemusatan latihan skuat Garuda akan pindah venue ke Jakarta.