Bola / bola-dunia
Reky Kalumata
Penyerang Timnas Italia Domenico Berardi (kanan) merayakan gol bersama Lorenzo Insigne saat menghadapi Republik Ceko dalam laga uji coba jelang Euro 2020 di Reanto Dall'Ara, Bologna, Sabtu (5/6/2021) din hari WIB. [Filippo MONTEFORTE / AFP].

Suara.com -  Kejuaraan Euro 2020 akan dibuka dengan laga Turki kontra Italia pada Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. Berikut fakta - fakta menarik jelang duel Turki vs Italia di Grup A Euro 2020.

Laga Turki vs Italia akan digelar di Stadion Olimpico, Roma, dimana kick off akan dimulai pada pukul 02.00 WIB. Pertandingan ini akan menjadi pertanda dimulai pesta sepak bola Eropa yang sempat tertunda satu tahun.

Kedua tim tentu saja mengincar tiga poin perdananya di laga pembuka Euro 2020 ini. Namun Italia tampaknya lebih difavoritkan bisa memenangi pertandingan yang digelar di kandang mereka sendiri.

Berikut fakta dan data menarik jelang pertandingan Turki vs Italia yang dihimpun dari Bbc Sport:

Baca Juga: UEFA EURO 2020: Jadwal Euro 2020 Lengkap Link Live Streaming

  1. Turki tidak pernah mengalahkan Italia, kalah tujuh dari 10 pertemuan, meskipun di dua laga terakhir - pada laga persahabatan tahun 2002 dan 2006 - berakhir imbang 1-1.
  2. Satu-satunya pertemuan kedua tim di turnamen besar terjadi tepat 21 tahun lalu (pada 11 Juni) di Euro 2000, ketika Azzurri menang 2-1 di Arnhem berkat gol dari Antonio Conte dan Pippo Inzaghi. Okan Buruk sempat menyamakan kedudukan, mencetak gol pertama Turki di final Kejuaraan Eropa
  3. Turki menelan kekalahan pada pertandingan pembuka mereka di keempat penampilan mereka di Kejuaraan Eropa sebelumnya.
  4. Turki telah mencetak total 14 gol dalam enam pertandingan di tahun kalender ini, hanya gagal sekali mencetak gol (dalam hasil imbang 0-0 dengan Guinea pada bulan Mei).
  5. Skuad Turki memiliki usia pemain rata-rata 24 hari dan 352 hari, terendah dari tim mana pun di Euro 2020.
  6. Pasukan besutan Senol Gunes adalah satu-satunya tim yang tidak kebobolan satu gol pun dari permainan terbuka di kualifikasi Euro 2020, sementara total total kebobolan tiga gol mereka sama rendahnya dengan Belgia.

  7. Turki hanya mencatat satu clean sheet dalam 10 pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa, itu terjadi di pertandingan terakhir mereka - menang 2-0 melawan Republik Ceko di babak penyisihan grup Euro 2016.
  8. Italia tidak terkalahkan dalam 27 pertandingan terakhir mereka, rekor tak terkalahkan terpanjang kedua dalam sejarah mereka.
  9. Azzurri telah memenangkan delapan pertandingan berturut-turut, kurang tiga dari rekor kemenangan beruntun mereka (yang dibuat pada 2019).
  10. Pasukan Roberto Mancini telah menjaga clean sheet di setiap kemenangan itu dan telah melewati 785 menit (lebih dari 13 jam) tanpa kebobolan.
  11. Meski telah bermain 38 pertandingan di Kejuaraan Eropa, Italia tidak pernah mencetak lebih dari dua gol dalam satu pertandingan.
  12. Mereka telah terlibat dalam delapan hasil imbang tanpa gol di turnamen ini, lebih banyak dari tim mana pun.

Komentar