Bola / bola-dunia
Rauhanda Riyantama
Gianluigi Donnarumma resmi gabung PSG. (Instagram/@psg)

Suara.com - Nomor punggung 99 sepertinya sudah melekat dengan diri Guanluigi Donnarumma. Namun, ia tak bisa menggunakan nomor itu bersama klub barunya, Paris Saint-Germain.

Padahal, nomor punggung ini sudah identik dengan dirinya karena digunakan sejak memulai debut bersama AC Milan di usia 16 tahun.

Sebagai informasi, angka ini merupakan representasi tahun kelahiran kiper timnas Italia tersebut, yakni 25 Februari 1999.

Namun, pemain yang dikontrak PSG selama lima tahun hingga 2026 ini sepertinya harus mencari alternatif nomor punggung lain.

Baca Juga: Bek Legendaris AC Milan Berduka, Ibunya Meninggal karena Kecelakaan

Pasalnya, seperti dilansir dari Sportbible, ada regulasi di Liga Prancis yang melarang penjaga gawang untuk menggunakan nomor punggung 99.

Sebelumnya, kasus ini juga sempat dialami Mario Balotelli ketika hendak menggunakan nomor punggung 45 saat bermain untuk Nice dan Marseille.

Ekspresi kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma usai timnya menjuarai Euro 2020 pasca mengalahkan Inggris pada laga final di Wembley, London, Senin (12/7/2021) pagi WIB. [FACUNDO ARRIZABALAGA / POOL / AFP]

Menurut aturan, seorang penjaga gawang hanya bisa menggunakan nomor punggung khusus, yakni 1, 16, dan 40.

Padahal, ketiga nomor punggung tersebut saat ini sudah digunakan oleh ketiga kiper PSG, yakni Keylor Navas, Sergio Rico, dan Alexandre Letellier.

“Nomor 1, 16, dan 30, secara eksklusif dan harus disediakan untuk kiper. Pada akhirnya, nomor 40 dapat diberikan,” bunyi keterangan aturan nomor punggung dan nama, dikutip dari Sportbible.

Baca Juga: Seru! Barcelona vs Juventus, Milan Kontra Real Madrid di Laga Pramusim

Meskipun demikian, klub tetap diperkenankan menggunakan nomor punggung 40 dan 50 dalam keadaan terpaksa. Ini menjadi alternatif bagi Donnarumma karena daftar pemain PSG sudah melebihi kuota 30 pemain.

Komentar