Bola / liga-spanyol
Arief Apriadi
Xavi Hernandez saat melatih Al Sadd. [AFP]

Suara.com - Xavi Hernandez resmi menjadi pelatih baru Barcelona, menggantikan Ronald Koeman yang dipecat. Juru taktik 41 tahun itu pun punya misi besar setibanya di Camp Nou.

Melansir laman resmi Barcelona, Sabtu (6/11/2021), Xavi Hernandez bertekad untuk kembali menghidupkan DNA tim Catalan yang mulai terkikis di Barcelona.

"Kami berada di Barca dan semua yang pernah saya alami di Bara dalam hidup saya adalah keunggulan," kata Xavi yang juga merupakan mantan gelandang Barcelona di era kejayaan bersama Pep Guardiola.

"Kita harus bersaing, kita harus berjuang untuk segalanya, kita tidak bisa melepaskan apa pun. Itulah yang Barca ajarkan kepada saya; ini adalah DNA Klub."

Baca Juga: Dilepas Al-Sadd, Xavi Hernandez Merapat ke Barcelona

Meski memiliki ambisi besar, Xavi Hernandez yang menjelma dari sosok pelatih tim muda menjadi juru taktik tim utama Barcelona, paham bahwa ambisinya takkan mudah diwujudkan.

Karena itu, dia menekankan bahwa Barcelona harus bekerja ekstra keras guna mengembalikan kejayaan dan filosofi klub yang mulai terkikis dalam beberapa musim terakhir.

"Kami akan menuntut dalam pelatihan dan kami akan bersaing dengan baik," tegas Xavi.

"Ini tantangan besar tapi saya senang dan berterima kasih kepada Barca," pungkasnya.

Xavi ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona setelah Al Sadd yang merupakan klub lamanya, bersedia menerima proposal Tim Catalan yang harus membayar klausul pengakhiran kontrak yang seharusnya baru habis pada 2023.

Baca Juga: Jadwal Liga Spanyol Akhir Pekan Ini, Ada Celta Vigo vs Barcelona

Melansir Goal, Xavi Hernandez dikontrak Barcelona sebagai pelatih anyar dengan kesepakatan hingga 2023-24.

Komentar