Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman
Ryu Nugraha. [Instagram/@fukuiunitedfc]

Suara.com - Pecinta sepak bola Indonesia dikejutkan dengan kabar dari Jepang setelah salah satu talenta asal negeri ini, Ryu Nugraha resmi merapat salah satu klub asal negeri Sakura itu.

Ryu Nugraha yang berposisi sebagai penjaga gawang, dilaporkan bergabung dengan klub kasta ketiga Jepang, AC Nagano Parceiro.

Sebelumnya, Ryu Nugraha sendiri merupakan pemain AC Nagano. Hanya saja, ia sempat dipinjamkan ke Fukui United yang bermain di kasta kelima Jepang.

Bagi pecinta sepak bola Indonesia, nama Ryu Nugraha sendiri terbilang asing. Maklum saja, Ryu lahir dan tumbuh besar di Jepang.

Baca Juga: Striker Arema FC Bagikan Kabar Gembira dan 4 Berita Bola Terkini

Meski demikian, pemain yang lahir di Chikuma, Nagano, Jepang pada 6 April 2000 itu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Perjalanannya di kancah sepak bola sendiri bermula dari akademi Shioda MS dan Ueda Chikuma HS. Dari sana ia dipinang High School dan bergabung AC Nagano pada 2019.

Setahun setelahnya, Ryu Nugraha dipinjamkan ke Fukui United. Peminjamannya ini membuahkan hasil karena dirinya mampu membawa timnya menjadi juara Hokushin’etsu Football League atau liga regional di Jepang.

Prestasinya itu membuat Ryu Nugraha sempat diperpanjang oleh Fukui United sebelum akhirnya ia pun kembali ke AC Nagano.

Di AC Nagano, Ryu Nugraha pun berharap bisa mendapat menit bermain mumpuni agar dirinya lebih kompetitif yang bisa berujung pada pemanggilan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Fakta Menarik Timnas Bangladesh, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Panaskan Persaingan di Bawah Mistar Timnas Indonesia

Jika dilihat dari usianya, Ryu Nugraha masih terbilang muda. Ia pun punya kesempatan besar untuk membela Timnas Indonesia, terutama tim U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23.

Shin Tae-yong sendiri tengah menyiapkan skuad untuk menghadapi ajang Piala AFF U-23 2022 yang akan berlangsung pada Februari mendatang di Kamboja.

Dengan kata lain, Shin Tae-yong bisa memanggil Ryu Nugraha untuk turun membantu Timnas Indonesia U-23 berlaga di Piala AFF U-23 nanti.

Jika Ryu Nugraha benar dipanggil, nantinya ia akan bersaing dengan Ernando Ari Sutaryadi untuk merebut pos penjaga gawang utama Timnas Indonesia U-23.

Ryu Nugraha sendiri memiliki sedikit keunggulan ketimbang Ernando, yakni mengenai postur tubuh di mana Ryu Nugraha (183 cm) unggul 6 cm atas Ernando (177 cm) seperti yang dilansir dari Transfermarkt.

Dengan kehadiran Ryu Nugraha dan banyaknya kiper berkualitas di tubuh Timnas, persaingan untuk menjadi kiper Timnas Indonesia akan terbilang sengit dan lebih kompetitif.

[Penulis: Zulfikar Pamungkas]

Komentar