Bola / bola-indonesia
Rully Fauzi
Muhammad Rafli (kiri). (dok. PSSI Pers)

Suara.com - PSSI sudah mengumumkan 27 nama pemain Timnas Indonesia yang akan dibawa oleh Shin Tae-yong untuk laga uji coba di FIFA Matchday mendatang, salah satunya adalah Muhammad Rafli.

Namun, Rafli belum bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia yang berlangsung di Bali. Pemain Arema FC itu pun menjadi salah satu pemain baru yang dipanggil Shin Tae-yong.

Striker Arema FC ini menggantikan posisi yang sebelumnya dihuni Kushedya Hari Yudo pada gelaran Piala AFF 2020.

Salah satu alasan munculnya nama Rafli barangkali berkaitan dengan usia pemain ini yang baru menginjak 23 tahun. Sehingga, dia bisa memperkuat timnas Indonesia U-23 saat nantinya tampil di gelaran Piala AFF U-23 2022.

Baca Juga: Dinilai Tiru Indonesia usai Tunjuk Pelatih Asal Korea Selatan, Ini Respons FAM

Sebetulnya, Muhammad Rafli bukan sosok yang benar-benar baru dipanggil oleh Shin Tae-yong. Dia sebelumnya sempat dipanggil memperkuat Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia pada Juni 2021.

Lantas, siapakah sosok Muhammad Rafli ini?

Profil Muhammad Rafli

Rafli merupakan sosok asli kelahiran Malang pada 24 November 1998. Dia sudah menggeluti sepak bola sejak anak-anak.

Dia tercatat pernah menimba ilmu sepak bola dengan ASIOP Apacinti dari 2006 hingga 2014. Rafli lalu pindah ke akademi Bhayangkara, tetapi tak terlalu lama pindah ke ASIFA.

Baca Juga: Piala Asia Putri 2022: Pemain Chelsea Quattrick, Australia Habisi Timnas Indonesia 9-0 di Babak Pertama

ASIFA sendiri merupakan akademi sepak bola milik pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Rafli tercatat satu tahun berada di ASIFA.