Bola / bola-indonesia
Rully Fauzi
Cyrus Margono. (Instagram Cyrus Margono/@cmargono)

Suara.com - Kiper keturunan Indonesia-Iran, Cyrus Margono, akhirnya dipastikan tak memperkuat Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sebelumnya sempat berupaya mengontak Cyrus Margono melalui asisten pelatih Shin Tae-yong, Yoo Jae-hoon.

Menurut Yoo Jae-hoon, Cyrus Margono tak pernah memberikan respons ketika dia mencoba  menghubunginya terkait peluang memperkuat timnas Indonesia.

“Sudah pernah coba kontrak sama dia (Cyrus) tapi tidak ada respons," tulis Yoo Jae-hoon di Insta Story.

Oleh sebab itu, pelatih asal Korea Selatan itu meminta agar tak dikaitkan dengan Cyrus Margono lagi.

"Mohon jangan ditag lagi," pesannya.

Padahal, sebetulnya Cyrus Margono memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk mengawal gawang timnas Indonesia.

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis Christos Dimopoulos, kiper berusia 20 tahun itu mengungkapkan kelebihan utamanya sebagai seorang kiper.

"Sebagai kiper, saya memiliki refleks cepat, keseimbangan badan yang bagus, serta kaki yang aktif dalam membangun serangan dari belakang," katanya dikutip dari Prasinostypos.

Berikut Suara.com menyajikan fakta-fakta menarik soal Cyrus Margono, kiper keturunan yang tak mau memperkuat Timnas Indonesia:

1. Meski saat ini bermain di Liga Super Yunani 2 bersama Panathinaikos B, Cyrus Margono ternyata lahir dan dibesarkan di New York, Amerika Serikat. Dia tercatat lahir pada 9 November 2001.

2. Cyrus Margono memiliki garis keturunan Indonesia-Iran. Darah Indonesia diperoleh dari ayahnya, Johan, sedangkan ibunya yang bernama Sepeedeh berasal dari Iran.

3. Karena belum pernah bermain bersama timnas mana pun di level senior, Cyrus memiliki peluang untuk direkrut timnas Indonesia. Namun, tampaknya hal ini tak akan terwujud.

4. Pernah mendapatkan kesempatan berharga berlatih di Akademi Inter Milan yang berada di Amerika Serikat pada 2015.

5. Sebelum berkarier di Eropa, dia pernah memperkuat klub sepak bola Universitas Denver pada 2019. Setelah itu, setahun berikutnya dia gabung ke Universitas Kentucky dan membela klub di kampusnya, UK Wildcats.

6. Saat ini, dia terikat kontrak selama tiga tahun bersama Panathinaikos B yang berkompetisi di Liga Super Yunani 2, alias kasta kedua.

7. Debutnya bersama Panathinaikos B tercipta pada 4 September 2021. Namun, saat itu dia hanya bermain pada laga uji coba melawan klub Liga Super Yunani, Panaitolikos. Pada pertandingan ini, Cyrus Margono tampil sebagai starter, tapi timnya kalah 1-3 dari lawan.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar