Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Cristiano Ronaldo (tengah) saat memperkuat Timnas Portugal melepas kausnya untuk diberikan kepada penggemar. [Paul Faith / AFP]

Suara.com - Bagi banyak pesepakbola dunia, tato adalah hal yang lumrah dan sudah menjadi salah satu identitas yang melekat. Seni melukis tubuh ini menjadi fenomena tersendiri bagi para pemain.

Tak sedikit pesepakbola yang sudah membubuhkan tinta pada bagian tubuhnya. Tentu, alasan mereka ditato sangat beragam dan semua memiliki maknanya tersendiri.

Meski demikian, tak sedikit juga pesepakbola yang anti dengan tato, bahkan para pemain ini sejatinya berstatus bintang.

Alasan mayoritas dari mereka untuk enggan ditato ialah karena faktor agama. Pemain-pemain yang dikenal taat dengan keyakinannya ini enggan melukis tubuhnya karena dilarang oleh agama.

Baca Juga: Georgina Rodriguez Bongkar Rahasia saat Jalani Kencan Pertama dengan Cristiano Ronaldo

Selain karena faktor keyakinan, ada juga karena faktor lain. Berikut lima pesepakbola dunia yang tak mau menato tubuhnya:

1. NGolo Kante

Gelandang Chelsea, N’Golo Kante, adalah salah satu pesepak bola dunia yang terkenal dengan kesederhanaannya meski berstatus sebagai pemain bintang.

Kante adalah sosok pemain yang murah senyum. Publik pun sering dibuat jatuh hati karena sikap-sikap yang ditunjukkan Kante baik di dalam maupun di luar lapangan.

 Kesederhanaan ini pula yang barang kali menjadi alasan utama mengapa Kante memilih untuk tak menato tubuhnya. 

Baca Juga: Ada Cristiano Ronaldo, Ini 4 Alumni Turnamen Toulon yang Jadi Bintang Sepak Bola Dunia

2. David Luiz

Jika dibandingkan dengan mayoritas pemain yang memperkuat timnas Brasil pada Piala Dunia 2014, David Luiz barang kali menjadi pemain yang paling berbeda.

Sebab, sebagian besar pemain timnas Brasil saat itu memiliki tato yang menghiasi tubuhnya. Sementara itu, Luiz justru bersih dari tato.

Hal ini karena mantan pemain Paris Saint-Germain itu merupakan penganut agama Kristen

3. Paul Pogba

Pemain bintang Manchester United, Paul Pogba, merupakan salah satu pesepak bola yang taat mematuhi ajaran agamanya.

Sebagai seorang muslim, Pogba telah memiliki sikap tegas untuk mematuhi larangan-larangan, termasuk menato tubuhnya.

Meskipun dikenal sebagai pemain yang cukup bengal, gelandang timnas Prancis ini tetap saja pemain yang patuh dengan ajaran agama Islam.

4. Mohamed Salah

Sama halnya dengan Pogba, striker andalan Liverpool, Mohamed Salah, adalah pesepak bola muslim yang dikenal taat. Salah mengamini bahwa agamanya melarang tato.

Alasan itu sudah cukup bagi pemain timnas Mesir ini untuk tak menato tubuhnya. Selain itu, Salah juga merupakan pesepak bola top yang dikenal sederhana.

5. Cristiano Ronaldo

Salah satu pesepak bola top dunia yang paling terkenal tak membubuhkan tato pada tubuhnya ialah Cristiano Ronaldo.

Alasannya cukup kuat lantaran CR7 memiliki hobi donor darah. Apabila ditato, ia khawatir darah yang didonorkan akan terkontaminasi.

Oleh karena itu, bintang Manchester United ini memiliki sikap tegas dengan menolak tato di tubuhnya. Sebab, mendonorkan darah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan CR7 karena bisa membantu banyak orang.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar