Bola / bola-indonesia
Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Penyerang sayap Timnas Indonesia, Ronaldo Kwateh (kiri) dihadang pemain Timnas Timor Leste pada pertandingan FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Suara.com - Wonderkid Madura United, Ronaldo Kwateh memecahkan rekor saat menjalani debut bersama Timnas Indonesia di level senior, saat melakoni laga uji coba internasional resmi FIFA Matchday kontra Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB.

Ronaldo kini jadi debutan termuda di Timnas Indonesia sepanjang sejarah. Saat diturunkan di babak kedua oleh pelatih Shin Tae-yong sebagai pemain pengganti di laga semalam, Ronaldo berusia 17 tahun, 3 bulan dan 8 hari.

Ronaldo mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Asnawi Mangkualam sejak 21 Maret 2017. Ketika itu, bek kanan Ansan Greeners itu berusia 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari.

Ronaldo sendiri mengaku senang bisa dipercaya Shin Tae-yong untuk turun bermain. Meski begitu, ia menjelaskan ada perasaan grogi di awal karena bermain di level berbeda.

Baca Juga: Hajar Timor Leste, 5 Pemain Ini Jalani Debut Bareng Timnas Senior Indonesia

"Puji Tuhan. Pertama saya sangat bersyukur kepada Tuhan dan terima kasih juga kepada coach Shin (Tae-yong) yang mempercayakan saya bisa bermain di timnas senior. Semoga saya bisa lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya," kata Ronaldo dalam rilis yang diterima Suara.com, Jumat (28/1/2022).

Penyerang Madura United, Ronaldo Kwateh. (HO/Maduraunitedfc.com)

"Pasti ada rasa nervous (grogi) sedikit, tetapi perlahan nervous-nya semakin hilang. Semoga pertandingan selanjutnya tidak nervous lagi," sambung penyerang sayap yang juga telah bermain dua kali untuk Timnas Indonesia U-23 itu.

Lebih lanjut, sang youngster mengaku tidak mengalami kesulitan dalam hal adaptasi dengan pemain lain yang lebih senior. Menurutnya, para senior yang ada di timnas membimbingnya dengan baik.

"Untuk adaptasi lumayan baik karena para senior saling support, sering beritahu saya untuk bisa lebih baik lagi. Harapan saya tidak boleh meremehkan Timor Leste, memperbaiki kesalahan kita kemarin. Semoga saya dan timnas bisa lebih baik lagi," ucap Ronaldo.

Adapun rekor Asnawi juga dipecahkan oleh pemain yang menjalani debut bersamaan dengan Ronaldo, yaitu Marselino Ferdinan. Pemain Persebaya itu debut bareng Timnas Senior Indonesia dalam usia 17 tahun, 4 bulan dan 18 hari.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia Langsung Disuruh Latihan Usai Laga Kontra Timor Leste, Kenapa?

Timnas Indonesia sendiri akan kembali melakoni pertandingan melawan Timor Leste di venue yang sama pada Minggu (30/1/2022) nanti, masih dalam rangkaian FIFA Matchday.

Komentar