Bola / bola-indonesia
Arief Apriadi
Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha usai pertandingan Timnas U-19 lawan China U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis (17/10/2019) malam. (Foto Willy Irawan)

Suara.com - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria turut menyoroti perkembangan sepak bola Indonesia terkini. Dia menyebut skuad Merah Putih harus bekerja lebih keras untuk menaikan levelnya.

Ratu Tisha menjabarkan bahwa sepak bola Indonesia terlalu mengagung-agungkan kesuksesan tim nasional di kelompok umur yang sejatinya dia sebut juga tak terlalu berprestasi.

"Kita belum pernah bisa bersaing di usia muda. Siapa bilang usia muda kita menangan (sukses--Red)?" ujar Ratu Tisha dalam YouTube Sport77 Official dikutip dari Goal, Rabu (27/4/2022).

"Memang kita pernah juara AFC U-19 atau AFC U-16? Kita itu cuma juara turnamen amatir atau Piala AFF."

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Bisa Bela Timnas U-23 Lawan Daejeon Hana Citizen

Menurut Ratu Tisha, ada pola pikir yang harus diubah dalam sepak bola Indonesia yakni untuk jangan berpuas diri melihat kesuksesan kecil tim nasional di kelompok umur.

"Kita harus tingkatkan lagi level kita. Bukannya itu tidak baik atau tidak membanggakan, namun kita harus naik lagi levelnya kalau mau bersaing," tutur Tisha yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden AFF 2019-2023.

Ratu Tisha saat berpose bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Instagram/ratu.tisha)

"Kita tidak boleh puas dengan posisi kita. Jangan puas dengan titel itu saja, kita harus naik lagi."

Tisha menjelaskan bahwa Indonesia baru patut berbangga apabila tim nasional kelompok umur sudah bisa berbicara di level Asia. Sebelum itu, target lolos Kualifikasi Piala Dunia hanyalah angan belaka.

"Kita harus taklukan level asia, kemudian taklukan level Olimpiade, lalu jenjangnya ke Piala Dunia U-17, U-20," beber Tisha.

Baca Juga: PSSI Surati FAM dan Sabah FC agar Saddil Ramdani Bisa ke SEA Games

"Lalu [kita] juara dulu di Asian Games, baru kita lolos ke Olimpiade, setelah itu baru kita bisa berbicara: Kualifikasi Piala Dunia."

Komentar

terkini