Suara.com - Mengonsumsi lebih banyak yogurt setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Temuan ini dipublikasikan dalam 'American Journal of Hypertension', yang mulanya menyelidiki manfaat yogurt pada orang dewasa dengan hipertensi.
Peneliti menganalisis data dari 55.898 peserta perempuan berusia antara 30 hingga 55 tahun yang terdaftar dalam Nurse Health Study (NHS) pada 1980 dan 18.232 peserta lelaki berusia antara 40 hingga 75 tahun yang terdaftar dalam Health Follow-Up Study (HPFS) pada 1986.
Menurut hasil penelitian, responden lelaki yang mengonsumsi dua porsi yogurt dalam seminggu mengalami penurunan penyakit jantung dan stroke sebesar 20 persen. Sedangkan responden perempuan yang mengonsumsi dua porsi yogurt atau lebih mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebesar 30 persen.
"Hasil kami menunjukkan bahwa asupan yoghurt jangka panjang yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular pada lelaki dan perempuan dengan riwayat hipertensi," ujar hasil penelitian tersebut.
Para peneliti juga menilai hubungan antara penurunan risiko penyakit jantung dengan pola diet anti hipertensi atau dikenal dengan istilah DASH. Diet ini dapat mendorong orang untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan membantu menurunkan tekanan darah mereka.
"Ketika seseorang menjalani diet DASH dan memperbanyak asupan yogurtnya maka presentase penurunan risiko serangan jantung akan semakin besar," tandasnya. [Independent]
Berita Terkait
Terpopuler
- 5 Kulkas 1 Pintu Anti Bunga Es dan Hemat Listrik, Harga Mulai Rp1 Jutaan
- Tok! Panja DPR Sepakati RUU Polri: Usia Pensiun Bintara 59 Tahun, Perwira 60 Tahun
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Beda Cushion Wardah Colorfit Hijau dan Krem: Intip Harga, Kandungan, dan Manfaatnya
Pilihan
-
Haji Bolot Dikabarkan Terkena Serangan Jantung, Posisi Masih di Rumah Sakit
-
Derita Masyarakat RI Bertambah Kini Harga Pertamax Naik, Apa yang Harus Dilakukan?
-
Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
-
Namanya Terseret Isu Dugaan Korupsi BGN, Yahya Golkar: Semua Anggota Komisi IX DPR Tak Terlibat!
-
Perhatian! Harga Pertamax Naik Jadi Rp 16.250/Liter
Terkini
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya
-
Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak
-
Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya