Suara.com - Banyak yang salah kaprah, belajar musik ternyata sama sekali tidak berhubungan dengan peningkatan kecerdasan anak baik secara kognitif maupun akademis. Hal ini dilaporkan dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Memory & Cognition.
Melansir dari MedicalXpress, penelitian ini disusun oleh Giovanni Sala dari Fujita Health University Jepang dan Fernand Gobet dari School of Economics and Political Science Inggris.
Para peneliti menunjukkan, bahwa pelatihan musik pada anak-anak tidak memberikan manfaat untuk kognisi anak dalam hal daya ingat hingga prestasi akademik seperti matematika, menulis, dan membaca.
Dalam studi ini, para peneliti menganalisis ulang data dari 54 studi sebelumnya yang terbit antara tahun 1986 hingga 2019. Peneliti menemukan, bahwa pelatihan musik tidak efektif untuk meningkatkan keterampilin kognitif dan akademik.
"Studi kami menunjukkan bahwa gagasan umum soal musik yang dianggap membuat anak lebih pintar itu tidak benar," kata Giovani Sala, penulis utama penelitian.
Menurut Sala, memberikan anak pelajaran musik dengan tujuan meningkatkan keterampilan kognitif dan akadamik adalah usaha yang tidak tepat sasaran. Belajar musik meningkatkan kemampuan bermusik tapi tidak dapat digeneralisasikan pada keterampilan lain.
"Pelatihan musik akan bermanfaat bagi anak-anak, misalnya dengan meningkatkan keterampilan sosial atau percaya diri," kata Fernand Gobet yang juga merupakan penulis penelitian.
Para penulis mengingatkan bahwa terlalu sedikit bukti tentang efek positif musik dan keterampilan kognitif serta akademik. Penelitan lebih lanjut dan rinci masih perlu dilakukan untuk membuktikan adanya hubungan antara belajar musik dan peningkatan kecerdasan anak.
Baca Juga: Disebut Otak Kedua Manusia, Jangan Sepelekan Kesehatan Usus Anak!
Berita Terkait
Terpopuler
- 5 Kulkas 1 Pintu Anti Bunga Es dan Hemat Listrik, Harga Mulai Rp1 Jutaan
- Tok! Panja DPR Sepakati RUU Polri: Usia Pensiun Bintara 59 Tahun, Perwira 60 Tahun
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
- Beda Cushion Wardah Colorfit Hijau dan Krem: Intip Harga, Kandungan, dan Manfaatnya
- 5 HP Android dengan Kualitas Setara iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max
Pilihan
-
Derita Masyarakat RI Bertambah Kini Harga Pertamax Naik, Apa yang Harus Dilakukan?
-
Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
-
Namanya Terseret Isu Dugaan Korupsi BGN, Yahya Golkar: Semua Anggota Komisi IX DPR Tak Terlibat!
-
Perhatian! Harga Pertamax Naik Jadi Rp 16.250/Liter
-
Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Mozambik di FIFA Matchday Malam Ini
Terkini
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya
-
Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak
-
Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya