Suara.com - Ibu hamil harus berhati-hati dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi karena akan memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungannya.
Inilah sebabnya pecinta kopi harus merelakan untuk tidak mengonsumsinya untuk sementara waktu.
Sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Endocrinology, asupan kafein secara berlebihan dapat menganggu perkembangan hati janin dan meningkatkan risiko penyakit hati berlemak di saat sudah dewasa.
Kafein dapat ditemukan di kopi atau teh, jadi, ibu hamil harus membatasi atau menghindari minum teh atau kopi.
Dalam studi tersebut, dilansir The Health Site, para peneliti meneliti efek kafein rendah (setara dengan 2 hingga 3 cangkir kopi) dan dosis tinggi (setara dengan 6 hingga 9 cangkir kopi) pada tikus hamil.
Mereka menemukan, anak tikus yang lahir dari ibu yang mengonsumsi kafein lahir dengan berat yang lebih rendah, mengalami perubahan tingkat hormon pertumbuhan dan stres, serta gangguan perkembangan hati.
Berdasarkan temuan mereka, para peneliti merasa mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi sehari dapat mengubah stres dan kadar hormon pertumbuhan yang bisa menganggu perkembangan hati bayi.
Meski temuan ini masih perlu dikonfirmasi pada manusia, para peneliti merekomendasikan agar wanita menghindari kafein selama kehamilan.
Selain itu, asupan kafein yang berlebihan juga dapat memengaruhi tidur. Jadi minum teh atau kopi dapat membuat ibu hamil kehilangan waktu istirahat yang cukup. Hal ini tentu bisa membahayakan sang ibu dan janin.
Baca Juga: Konsumsi Kafein saat Hamil Berbahaya, Bahkan Tingkatkan Risiko Keguguran
Berita Terkait
Terpopuler
- Prabowo Timbang Chatib Basri Gantikan Purbaya, Senin Disebut Bakal Ada Reshuflle Kabinet
- Purbaya Disebut Bakal Jadi Gubernur BI, Prabowo Sedang Timbang Chatib Basri Jadi Menkeu
- HP Rp1,5 Jutaan yang Bagus Merek Apa? Ini 5 Rekomendasi Terbaik David GadgetIn
- 4 HP realme dengan Chipset Snapdragon dan RAM 8 GB Termurah Juni 2026
- Berapa Harga Sepatu Lari Ortuseight Ori? Ini 5 Pilihan Bagus untuk Daily Run
Pilihan
Terkini
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya
-
Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak
-
Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya
-
Etawanesia dan Etawalin: Rekomendasi Susu Kambing Etawa Unggulan, Paling Diminati 2 Tahun Terakhir
-
Jangan Anggap Sepele Payudara Nyeri Saat Menyusui, Mastitis Bisa Berujung Operasi Abses
-
Mengenal Rontgen Gigi 3D: Teknologi yang Bantu Diagnosis Lebih Akurat dan Cepat
-
World Milk Day 2026: Perjalanan Peternak Menjaga Kualitas Nutrisi Segelas Susu