Health / konsultasi
Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Ilustrasi daun singkong (Pixabay/Maya A. P)

Suara.com - Orang Indonesia tau betul nikmatnya olahan daun singkong. Dikenal dengan nama ketela pohon atau ubi kayu yang tumbuh di wilayah Indonesia, singkong pada awalnya dibawa oleh penjajah Portugis ke Maluku sekitar abad ke-16.

Kini daun singkong telah menjadi menu andalan di banyak tempat di Indonesia.

Dikutip Suara.com dari Tanaman Obat ID, daun singkong kayak akan kandungan seperti kalori, air, fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin C, protein, zat besi, lemak, dan vitamin B1.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong yang baik untuk kesehatan:

Baca Juga: Merangsang Sistem Saraf, Simak Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Tubuh

Olahan daun singkong (Instagram Sukmawati Rs)

1. Menurunkan kolestrol
Mengonsumsi daun singkong terbukti dapat menurunkan kolestrol jahat atau yang disebut dengan LDL. Serat yang terkandung lewat daun singkong juga berperan besar bagi kesehatan jantung, mengurangi peradangan, sekaligus menurunkan tekanan darah.

2. Menstabilkan gula darah
Rutin mengonsumsi daun singkong dipercaya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2. Sebab kandungan serat daun singkong juga berkahsiat sebagai obat herbal diabetes, yang menghambat penyerapan gula pada makanan.

Tidak hanya itu, gilkemik indeks atau kadar gula singkong lebih rendah dibanding beras. Inti memberikan efek kenyang sekaligus kandungan mineral yang baik bagi kesehatan.

3. Mencegah kanker
Lewat kandungan zat antioksidan seperti polifenol dapat membantu tubuh dari penyakit kanker. Polifenol lewat daun singkong dipercaya dapat membantu racun dan radikal bebas. Sementara itu, zat klorofil yang ditemukan pada daun singkong memberi sifat antikanker.

4. Mencegah obesitas
Daun singkong dikatakan bisa mencegah obesitas. Terlebih daun singkong memiliki kalori yang rendah dari 20 per 100 gram. Selain itu, daun singkong memiliki kaya akan nutrisi yang bisa membantu tubuh terhindar dari penyakit.

Baca Juga: Setiap Hari Makan 4 Kacang Almond, Efeknya Tubuh Bisa Begini

5. Obat arthritis
Penyakit peradangan area sendi atau yang disebut dengan arthritis bisa dicegah dengan cara mengonsumsi daun singkong. Bahkan, daun singkong bisa diminum langsung dengan cara rebus 100 gram batang daun singkong, 15 gram jahe, serai batang dengan 1000 cc air. Setelah jadi, konsumsi minuman ini dua kali sehari di pagi hari dan sore hari.

Komentar