Health / konsultasi
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Monkeypox atau cacar monyet. (Shutterstock)

Suara.com - Virus monkeypox atau cacar monyet sedang terdeteksi di Inggris. Kasus infeksi langka ini juga telah terdeteksi di luar negeri dan menyebar ke orang lain di negara itu.

Sedangkan, Inggris masih berjuang melawan virus corona Covid-19. Tapi sekarang, Inggris justru melaporkan adanya kasus cacar monyet dan pejabat kesehatan setempat sedang memastikan virus tersebut tidak menyebar.

Menteri kesehatan Inggris, Matt Hancock membenarkan bahwa Inggris sedang menangani wabah cacar monyet ketika berpidato di Komite Pemilihan Kesehatan dan Sosial. Ia mengatakan pada dasarnya sistem pelacakan dan isolasi dibangun untuk wabah yang sangat penting.

"Saat ini saya sedang menangani wabah cacar monyet dan kasus TB yang resistan terhadap obat," kata Matt Hancock dikutip dari Express.

Baca Juga: Isu Kebocoran Lab Muncul Lagi, G7 Dorong WHO Cari Asal Usul Virus Corona Covid-19

Kesehatan Masyarakat Wales mengonfirmasi 2 orang dari rumah tangga yang sama di Wales telah mengembangkan virus cacar monyet. Salah satu orang yang tertular penyakit tersebut berada di luar negeri.

Ilustrasi cacar monyet. (Shutterstock)

Badan kesehatan itu mengatakan sekarang mereka sedang bekerjasama dengan Kesehatan Masyarakat Inggris dan dua orang yang menderita cacar monyet itu telah menjalani perawatan medis di rumah sakit di Inggris.

Salah satu dari orang yang terkena cacar monyet itu pun masih menjalani perawatan di rumah sakit. Kesehatan Masyarakat Wales pun menjelaskan risikonya kepada masyarakat luas

Apa itu cacar monyet?

Virus monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Sebagian besar kasus ini terjadi di Afrika, tetapi ada kasus cacar monyet yang juga dilaporkan terjadi di luar negeri.

Baca Juga: Acaman Virus Corona Covid-19 Selalu Baru, WHO Sebut Vaksin Tidak Cukup!

Umumnya, infeksi cacar monyet ini hanya menyebabkan penyakit ringan yang akan membaik sendiri tanpa pengobatan. Tapi, beberapa orang mengalami gejala yang lebih serius dan harus menjalani perawatan.

Komentar