Health / konsultasi
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi batuk, virus corona Covid-19, flu [Shutterstock]

Suara.com - Saat musim dingin melanda, banyak orang akan kebingungan membedakan gejala virus corona Covid-19 dan flu musiman. Karena, beberapa agejala virus corona mirip dengan flu musiman.

Jika Anda merasa mengalami gejala virus corona Covid-19, sebaiknya lakukan tes untuk memastikannya. Karena tes Covid-19 merupakan satu-satunya cara untuk memastikan gejala itu disebabkan virus corona atau flu biasa.

Selain itu, Anda juga harus mengisolasi diri setelah mengalami gejala mirip virus corona Covid-19 sampai hasil tes medisnya keluar. Jika Anda terkonfirmasi positif Covid-19, Anda perlu mengisolasi diri selama 10 hari sampai hasil tesnya negatif.

Jika Anda tidak memiliki gejala, pengujian rutin dengan tes aliran lateral dianjurkan. Jika Anda memiliki gejala, Anda harus melakukan tes PCR untuk memastikan itu gejala virus corona Covid-19 atau tidak secara lebih akurat.

Baca Juga: Ahli Sebut Virus Nipah Berpotensi Jadi Pandemi Dunia Berikutnya

Selama ini, batuk terus-menerus dianggap sebagai salah satu dari gejala utama virus corona Covid-19 yang terkadang juga disertai dengan batuk berdahak.

Ilustras batuk (Shutterstock)

Sebanyak 46 persen orang dewasa dengan virus corona Covid-19 mengalami gejala berupa batuk. Batuk akibat virus corona Covid-19 biasanya berupa batuk kering yang disertai dengan sakit tenggorokan, tetapi bukan berarti tidak ada kemungkinan Anda mengalami batuk berdahak.

Meskipun batuk berdahak atau berlendir dikaitkan dengan pilek, tapi Anda mungkin bisa mengalami batuk berdahak kuning atau hijau ketika terinfeksi virus corona Covid-19 dan terinfeksi bakteri.

Sayangnya dilansir dari Express, virus corona Covid-19 memiliki banyak gejala yang mirip dengan flu biasa, bahkan ketika Anda sudah vaksinasi lengkap.

Menurut NHS, ada beberapa gejala pilek, antara lain:

Baca Juga: Amankah Suntik Vaksin Flu dan Booster Vaksin Covid-19 Bersamaan?

  1. Hidung tersumbat
  2. Sakit tenggorokan
  3. Sakit kepala
  4. Nyeri otot
  5. Batuk
  6. Bersin
  7. Suhu tubuh yang meningkat
  8. Tekanan di telinga dan wajah
  9. Kehilangan indra penciuman dan rasa

Menurut studi Zoe Symptoms, gejala virus corona Covid-19 yang paling umum pada orang yang sudah vaksinasi lengkap, antara lain:

  1. Pilek
  2. Sakit kepala
  3. Bersin
  4. Sakit tenggorokan
  5. Kehilangan penciuman (anosmia)

Jika Anda belum vaksinasi, gejala virus corona Covid-19 yang paling umum termasuk sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, demam dan batuk terus-menerus.

Kehilangan penciuman masih mempengaruhi orang yang tidak divaksinasi jika mereka terinfeksi virus corona Covid-19. Tapi, kondisi itu tidak termasuk dalam 5 gejala virus corona Covid-19 teratas.

Jika Anda merasa tidak sehat, terutama bila mengalami salah satu gejala umum virus corona. Anda harus isolasi mandiri di rumah meskipun sudah vaksinasi. Langkah ini sangat penting, jika Anda melihat adanya perubahan pada indera perasa atau penciuman.

"Data kami menunjukkan bahwa kehilangan penciuman (anosmia) atau kehilangan rasa masih merupakan salah satu prediktor terpenting dari tes Covid-19 daripada pilek biasa," jelas studi tersebut.

Komentar