Health / women
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi paru-paru (Pixabay/oracast)

Suara.com - Mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Verawaty Fajrin meninggal dunia setelah menjalani perawatan kanker paru-paru di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta pada Minggu (21/11/2021) hari ini, pukul 06.58 WIB.

"Innaalillaahi wa inna ilaihi rojiun. PBSI dan keluarga besar bulu tangkis Indonesia turut berduka cita atas berpulangnya salah satu pahlawan bulu tangkis Indonesia, Verawaty Fadjrin. Almarhumah adalah pemain yang berjasa besar mengangkat prestasi bulu tangkis Indonesia di pentas dunia. Semoga arwahnya diterima di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan " kata Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/11/2021).

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilansir dari Hellosehat, kanker paru-paru salah satu penyebab utama kematian yang telah menewaskan 1,59 juta pada tahun 2012.

Kanker paru-paru ini termasuk jenis kanker yang bisa menyerang semua orang dari segala usia, khususnya orang yang memiliki kebiasaan merokok. Karena itu, Anda disarankan untuk lebih memperhatikan perubahan emosional dan fisik yang mungkin saja pertanda kanker paru-paru.

Baca Juga: Mengenal Kanker Paru, Penyakit yang Merenggut Nyawa Legenda Bulutangkis Verawaty Fajrin

Berikut ini dilansir dari Hellosehat, beberapa gejala kanker paru-paru yang bisa dialami pasien.

Verawaty Fajrin. [Antara]

1. Batuk darah

Gejala lain kanker paru-paru yang perlu diwaspadai adalah batuk darah. Menurut Medline Plus, batuk akibat kanker paru-paru biasanya ada darah pada dahak. Darah itu biasanya berasal dari paru-paru.

2. Sesak napas saat beraktivitas normal

Orang dengan kanker paru-paru stadium awal biasanya juga akan mengalami sesak napas meskipun melakukan aktivitas normal. Kondisi ini terjadi karena tumor menghalangi saluran pernapasan atau cairan di sekitar paru meningkat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bagikan Kabar Duka: Legenda Bulu Tangkis Indonesia Meninggal Dunia

3. Mengi

Selain sesak napas, penderita kanker paru-paru juga biasanya mengeluarkan suara ketika bernapas atau mengi. Kondisi ini terjadi ketika paru-paru berkontraksi, tersumbat atau meradang. Tetapi, mengi juga bisa terjadi akibat kondisi kesehatan lainnya.

4. Berat badan menurun

Penurunan berat badan yang terjadi mendadak tanpa penyebab jelas pun bisa menjadi pertanda kanker paru-paru. Umumnya, orang yang mengalami kanker paru-paru sering kehilangan berat badan dalam waktu singkat. Karena, sel kanker menggunakan semua energi dan nutrisi di dalam tubuhnya.

5. Sakit kepala terus-menerus

Sakit kepala juga termasuk salah satu gejala kanker paru-paru yang tak boleh diabaikan. Kondisi ini bisa mengindikasikan bahwa kanker paru-paru sudah menyebar hingga ke otak.

Hal ini terjadi ketika tumor menekan saraf yang melalui bagian dada. Tekanan inilah yang mengakibatkan penderita kanker paru-paru mengalami sakit kepala.

Komentar