Health / parenting
Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Potret Tasya Kamila di New York. (Instagram/@tasyakamila)

Suara.com - Artis Tasya Kamila mengabarkan bahwa putranya, Arrasya Wardhana Bachtiar, mengalami infeksi jamur di saluran perncernaan.

Beberapa gejala yang dialami Arrasya adalah diare hingga 15 kali, demam, serta kejang. Tasya pun langsung membawa buah hatinya ke rumah sakit untuk segera ditangani.

"Btw hasil lab udah keluar, Arr infeksi jamur di saluran cerna. Probably karena salah atau keracunan makanan. Hari ini diare sampe 15 kali pup, tapi Alhamulillah ditangani di RS. Syafakallah Arr," jelas Tasya Kamila di Instagram Story, Selasa (14/12/2021).

Berdasarkan Hello Sehat, umumnya jenis jamur yang paling banyak menginfeksi saluran pencernaan adalah Candida. Biasanya jamur ini hidup di mulut, tenggorokan, dan saluran pencernaan tanpa menimbulkan masalah.

Baca Juga: Gawat! Dokter Sebut Infeksi Jamur Hitam dan Covid-19 Tingkatkan Jumlah Penderita Diabetes

Infeksi jamur Candida dikenal dengan Candidiasis Intestinal, menurut Alodokter.

Anak Tasya Kamila baru saja mengalami kejang [Instagram/@tasyakamila]

Laman Oxford Medicine menjelaskan bahwa infeksi jamur pada saluran pencernaan dapat terjadi akibat pertumbuhan jamur berlebih dan paparan makanan atau air yang terkontasminasi. Tetapi, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur invasif yang menyebar dari tempat lain.

Gejala dari infeksi jamur Candida bisa berupa rasa tidak nyaman di perut, nyeri perut, mual dan muntah, demam, hingga perubahan pola buang air.

Pengobatan infeksi jamur adalah obat antijamur. Kemudian, biasanya dokter akan melakukan pengkajian terhadap efektivitas pengobatan.

Baca Juga: Pasien Covid-19 dengan Diabetes Lebih Berisiko Alami Infeksi Jamur Hitam

Komentar

terkini