Health / women
Yasinta Rahmawati
Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Suara.com - Resiko kanker serviks tentu jadi hal yang wajib dipahami oleh setiap kaum hawa yang ada di luar sana, tak terkecuali Anda. Untuk mendapatkan penanganan yang efektif, perlu dilakukan deteksi dini. Ini mengapa kemudian mengenali gejala kanker serviks penting, agar penanganan bisa dilakukan cepat.

Di artikel singkat kali ini Anda akan dapatkan informasi mengenai gejala kanker serviks yang paling umum muncul, sehingga bisa jadi informasi berguna untuk mengenalinya dengan cepat. Tanpa berlama-lama lagi, berikut beberapa gejala kanker serviks yang bisa dengan mudah dikenali.

1. Munculnya Bercak Darah saat Buang Air Kecil

Sebenarnya ini adalah gejala yang muncul sekaligus jadi tanda tegas bahwa Anda harus segera menemui dokter kepercayaan Anda. Darah yang keluar bersama dengan urine menjadi tanda bahwa Anda menderita kanker serviks.

Baca Juga: Olahraga Berlebihan dan Diet Ketat Dapat Menyebabkan Hilangnya Periode Menstruasi

2. Mudah Merasa Lelah

Ketika tubuh kehilangan banyak darah saat menstruasi, dalam hal ini lebih banyak dari biasanya, maka tubuh perlahan akan menjadi cepat lelah. Memang mudah lelah tak kemudian jadi tanda utama Anda mengalami kanker serviks, tapi ketika muncul bersama gejala lain, Anda perlu mewaspadainya.

Ilustrasi serviks [Shutterstock].

3. Pendarahan Tidak Normal

Saat mengalami menstruasi, pendarahan yang terjadi akan tidak normal. Dalam hal ini, pendarahan akan menjadi lebih banyak, atau bisa juga menjadi lebih sedikit. Pendarahan juga terjadi tak hanya ketika Anda mengalami menstruasi saja.

4. Keputihan, Namun Tidak Wajar

Baca Juga: Studi AS Benarkan Vaksinasi Covid-19 Bisa Pengaruhi Mentruasi, Apakah Dampaknya Permanen?

Ketika Anda mengalami keputihan dan lendir mengalami perubahan warna serta beraroma tak sedap, maka ini juga bisa jadi tanda atau gejala kanker serviks yang cukup jelas. Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

5. Sering Buang Air Kecil

Tanpa disebabkan konsumsi cairan yang tinggi, penderita kanker serviks biasanya akan mengalami peningkatan intensitas buang air kecil. Jumlahnya juga tak wajar, dan mulai mengganggu aktivitas Anda setiap hari.

6. Sembelit atau Konstipasi

Gejala kanker serviks ini muncul saat kanker sudah menyebar hingga ke usus besar, yang tandanya Anda sudah harus memeriksakan diri dan mendapatkan penanganan medis profesional. Sembelit yang terjadi, sekali lagi, bersamaan dengan gejala lain yang sudah disebutkan.

Itu tadi setidaknya 6 gejala kanker serviks yang bisa jadi penanda dan harus diwaspadai saat muncul bersamaan. Semoga artikel ini berguna, dan selalu kontrol kesehatan diri secara berkala di dokter kepercayaan Anda.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar