Health / konsultasi
Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Ilustrasi Susu (Pixabay)

Suara.com - Konsumsi susu sapi oleh masyarakat Indonesia masih menjadi yang terendah di Asia Tenggara. Survei dari Global Dairi Alami, rata-rata konsumsi susu di Indonesia hanya 16 liter per kapita. 

Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan Singapura yang tingkat konsumsi susu sekitar 46 liter per kapita dan Malaysia sekitar 66 liter per kapita.

Intoleransi laktosa jadi salah satu penyebab utama masyarakat Indonesia enggan minum susu. Lantaran efeknya bisa menyebabkan sakit perut hingga diare.

"Banyak orang Asia, terutama Indonesia, alergi terhadap laktosa. Karena kebiasaan minum susu berkurang, jadi enzim laktase tidak berproduksi lagi. Sehingga begitu ada laktosa yang masuk ke dalam tubuh melalui susu dia tidak bisa mencerna," jelas Marketing Manager at PT Global Dairi Alami Bernadeth Virna Widiastuty dalam webinar Berani Minum Susu bersama MilkLife Bebas Laktosa, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: 5 Manfaat Yoghurt yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ilustrasi susu (Pixabay/Couleur)

Penyebab lainnya, karena faktor ekonomi. Menurut Virna, stok susu sapi segar di Indonesia masih terbatas dan termasuk hasil import. Sehingga seringkali harganya lebih mahal untuk kebanyakan kelompok.

Temuannya, konsumsi susu di Indonesia umumnya hanyabsampai usia 5 tahun. Setelah itu, berangsur-angsur berkurang dan menjadi tidak minum sama sekali saat dewasa. 

Ahli Gizi Dr Arif Sabta Aji menambahkan, susu juga dipandang hanya diperlukan oleh anak-anak untuk mengoptimalkan masa pertumbuha  dan perkembangan. Padahal, bagi orang dewasa, susu sapi juga bermanfaat sebagai sumber kalsium untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

"Susu sangat bagus juga untuk segala kelompok usia, baik remaja, dewasa ataupun lansia. Kemudian bisa jadi masyarakat di Indonesia kebanyakan intoleran laktosa dikarenakan dari turun-temurun orang tua, kakek-nenek tidak memperkenalkan minum susu secara keseharian," paparnya.

Selain mengandung kalsium, susu sapi juga kaya akan vitamin dan mineral, lanjutnya. Kandungan nutrisi tersebut diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tetap optimal dan tidak mudah sakit.

Baca Juga: Enak dan Creamy, 7 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Dokter Arif menyampaikan, produk susu sapi bebas laktosa bisa menjadi solusi bagi pengidap intoleransi laktosa. Sebab, meski kandungan laktosa dalam susu telah diproses sehingga tidak ada lagi, namun tidak mempengaruhi jumlah kandungan kalsium maupun zat gizi lainnya.

Komentar