Health / konsultasi
Bimo Aria Fundrika
Kanker prostat (pexels).

Suara.com - Kanker prostat merupakan kanker yang terjadi pada prostat, atau kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang menghasilkan cairan mani. Deteksi dini kanker prostat melalui rangkaian pemeriksaan terkait prostat jadi kunci menambah harapan hidup bagi para lelaki.

Dalam keterangannya, Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU(K), PhD. dari Siloam Hospitals Asri Pada stadium awal kanker prostat, sel kanker masih terlokalisir dalam kelenjar prostat atau di sekitar sejumlah organ terdekat.

Pada kasus-kasus tersebut, diketahui angka harapan hidup dalam kurun waktu 5 tahun mencapai hampir 100 persen. Sementara itu, pada stadium lanjut, sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya di luar prostat, sehingga angka harapan hidup dalam kurun waktu 5 tahun menurun hingga 30 persen.

Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU(K), PhD menjelaskan bahwa kelenjar prostat normal pada pria dewasa berukuran 15 - 20 cc. Secara alami, prostat memiliki kecenderungan untuk membesar sejak berusia 40 tahun. Sebanyak 50 persen pria pada usia 60 tahun mengalami pembesaran prostat. Pada usia 70 - 80 tahun, persentase pembesaran prostat semakin meningkat hingga 80 persen. Namun, hanya 25 persen yang membutuhkan pengobatan.

Baca Juga: Alih-alih Menyehatkan, 3 Jenis Sayuran Ini Malah Tingkatkan Risiko Kanker Perut!

"Seiring berjalannya waktu, prostat akan mengalami gangguan dan perubahan, salah satunya adalah terjadinya pembesaran pada prostat yang dapat bersifat jinak ataupun ganas (kanker prostat)" tutur Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU(K), PhD., Sabtu (22/01) di SIloam Hospitals Asri.

Ilustrasi kanker prostat. (Elements Envato)

Sebagai informasi, elenjar prostat adalah kelenjar yang hanya ditemukan pada pria. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi cairan prostat yang merupakan bagian dari cairan mani. Cairan ini memberi energi pada sperma dan mengurangi keasaman pada saluran vagina. Kelenjar prostat terletak di bawah kandung kemih dan di depan saluran anus. Paga bagian tengah prostat terdapat uretra, saluran yang mengalirkan urine dari kandung kemih hingga keluar melalui lubang penis.

"Oleh sebab itu, kelenjar prostat memiliki peranan penting pada kesuburan pria," imbuh Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU(K), PhD. yang berpraktek tetap di Siloam Hospitals Asri di Jakarta Selatan.

Komentar

terkini