Suara.com - Banyak pelaku diet mencoba untuk memperbanyak minum air untuk membantu menurunkan berat badan.
Namun seorang ahli gizi mengatakan asumsi tersebut hanyalah sebuah mitos.
Seperti dilansir dari Daily Mail, dr Beth Kitchin dari University of Alabama mengatakan, bahwa air minum bukan merupakan kunci ajaib untuk menurunkan berat badan.
"Ada sangat sedikit bukti bahwa air minum mempromosikan penurunan berat badan - itu adalah salah satu mitos," jelasnya.
Lebih lanjut Kitchin mengatakan: "Saya tidak mengatakan air minum adalah tidak baik - tetapi hanya satu studi menunjukkan orang yang minum lebih banyak air membakar kalori secara ekstra, dan itu hanya beberapa kalori ekstra per hari."
Kitchin menambahkan bahwa orang harus minum delapan gelas air sehari juga merupakan mitos.
"Ya, orang perlu untuk mendapatkan cairan - tetapi tidak harus air. Tidak ada bukti bahwa itu bisa membuat lemak luruh atau membuat Anda merasa lebih kenyang. Jadi jika Anda tidak suka air, itu ok," jelasnya.
Kitchin menjelaskan bahwa air merupakan cairan terbaik agar tubuh tidak kekurangan cairan, tetapi teh hijau, kopi dan labu juga memiliki manfaat yang sama.
"Ketika Anda minum kopi, tubuh Anda mempertahankan banyak cairan - terutama untuk orang-orang yang terbiasa minum kafein karena tubuhnya sudah beradaptasi dengan kebiasaan tersebut." terangnya.
Kitchin mengatakan beberapa orang juga percaya bahwa minum air yang sangat dingin dapat membantu mereka menurunkan berat badan.
Dia percaya hal ini dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar tetapi tidak memiliki dampak yang cukup untuk membantu penurunan berat badan.
Jadi, menurut Kitchin, satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan adalah makan lebih sedikit kalori.
Dia menyarankan pelaku diet untuk fokus mengonsumsi buah, sayuran dan sup.
Klaim Kitchin ini bertentangan hasil penelitian 2013 yang menyebutkan bahwa minum dua cangkir air sebelum makan dapat membantu orang menurunkan berat badan.
Berita Terkait
-
Bukan Diet Biasa, Ini Menu Makan Real Food Erling Haaland yang Bikin Performanya Gacor
-
Olahraga Pagi atau Sore, Mana yang Lebih Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?
-
Cintai Tubuhmu: Mengapa Kesehatan Mental Jauh Lebih Penting daripada Angka di Timbangan
-
Berat Badan Purbaya Turun 10 Kg usai 8 Bulan Jabat Menkeu
-
Obesitas Tak Lagi Sekadar Masalah Berat Badan, Kapan Perlu Bedah Bariatrik?
Terpopuler
- 10 Pantangan Feng Shui Rumah yang Sebaiknya Dihindari, dari Pintu hingga Kamar Mandi
- 3 HP Xiaomi RAM 8 GB Murah di Bawah Rp1 Juta, Ini Pilihannya
- 4 Rekomendasi Merk Rice Cooker yang Awet dan Bagus untuk Pemakaian Jangka Panjang
- Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo
- Feng Shui Rumah Menghadap Utara, Lakukan 4 Tips Ini agar Energi Seimbang dan Bawa Hoki
Pilihan
-
Sudah Dibangun Sejak 2023, Sejauh Mana Bibit Sriwijaya Kemampo Pulihkan Hutan Sumsel?
-
Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo
-
100 Personel Damkar Masih Berjibaku Padamkan Kebakaran Gedung Bapenda DKI
-
Kantor Bapenda DKI Jakarta Dilalap si Jago Merah, Api Semakin Membesar
-
Bocoran Reshuffle Kabinet Agustus: Norman Joesoef Bakal Dilantik Jadi Wamenhan RI
Terkini
-
6 Tanda-Tanda Rumah Memiliki Energi Positif Chi yang Membuat Penghuni Tenang
-
Indonesia Dikelilingi Api: 107 Ribu Hektare Terbakar, Mengapa Karhutla Sulit Dipadamkan?
-
Membongkar Dosa Besar Para Anak Rantau Lewat Lagu Sesi Potret
-
1.400 Pekerja Sumsel Kena PHK, Mayoritas Tanpa Perselisihan, Ada Apa?
-
Bareng Baba Lili Tata, Kenalkan Gaya Hidup Aktif pada Anak Sambil Eksplorasi Jakarta
-
Period Poverty dalam Ketimpangan Kelas: Menggugat Hak Dasar Tubuh Perempuan
-
Derita Pekerja asal Jambi, Cacat Permanen Akibat Kecelakaan Kerja di Kampar
-
Gus Alex Didakwa Terima USD 5,2 Juta di Korupsi Kuota Haji
-
17 Caption 17 Agustus Singkat Aesthetic untuk Instagram
-
Pemulihan Ekosistem Palsu Mengintai di Balik Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan