Suara.com - Keju selama ini dianggap sebagai makanan pantangan bagi penyakit tertentu, termasuk jantung dan stroke. Rasanya yang asin dan tinggi lemak jenuh diyakini dapat meningkatkan tekanan darah dan memperburuk penyakit tersebut.
Tapi siapa sangka, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi keju secara rutin justru dapat mencegah timbulnya stroke dan penyakit jantung.
Menurut peneliti, seperti dilansir dari Time, keju yang dikonsumsi sebanyak 40 gram sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebanyak 14 persen dan stroke 10 persen. Temuan ini didapat setelah peneliti menganalisis data lebih dari 200 ribu orang selama kurang lebih sepuluh tahun.
"Temuan ini tentu sangat mengagetkan dan berbanding terbalik dengan anggapan banyak orang selama ini," kata dr. Allan Stewart dari Mount Sinai Medical Center.
Menurut peneliti, manfaat ini bisa diperoleh bila konsumsi keju dilakukan secara terkendali, yakni pada takaran yang paling rendah sekitar 40 gram dalam waktu yang rutin.
"Jadi beda halnya jika Anda mengonsumsi sepotong pizza keju besar setiap hari," tambah dr Allan.
Ia menambahkan, memang ada beberapa bukti yang menyebut keju bisa melindungi jantung. Namun sayangnya banyak orang yang salah persepsi dalam menyadari takaran yang tepat untuk dikonsumsi.
"Kalau konsumsinya terlalu berlebihan, efek yang terjadi justru sebaliknya," tandas dia.
Baca Juga: Menolak Bayar Ongkos, WNA Nekat Jotos Sopir Taksi
Berita Terkait
Terpopuler
- 10 Pantangan Feng Shui Rumah yang Sebaiknya Dihindari, dari Pintu hingga Kamar Mandi
- 3 HP Infinix Memori 256 GB dan NFC Harga Rp1 Jutaan, Solusi Multitasking hingga Gaming
- 3 HP Xiaomi RAM 8 GB Murah di Bawah Rp1 Juta, Ini Pilihannya
- KPAI Desak Audit Total MBG: Tata Kelola Gagal, Anak-anak Jadi Korban Ambisi Program
- Ramalan Shio 9 Agustus 2026: 5 Shio Bakal Buang Kesialan dan Buka Jalan Keberuntungan
Pilihan
-
Sudah Dibangun Sejak 2023, Sejauh Mana Bibit Sriwijaya Kemampo Pulihkan Hutan Sumsel?
-
Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo
-
100 Personel Damkar Masih Berjibaku Padamkan Kebakaran Gedung Bapenda DKI
-
Kantor Bapenda DKI Jakarta Dilalap si Jago Merah, Api Semakin Membesar
-
Bocoran Reshuffle Kabinet Agustus: Norman Joesoef Bakal Dilantik Jadi Wamenhan RI
Terkini
-
Kemiskinan Sumsel Turun, Garis Kemiskinan Naik 3,15 Persen Jadi Rp628 Ribu Per Bulan
-
Kasus Iklan BJB, Ada Dugaan Aliran Dana ke Lisa Mariana Lewat Pihak Nominee
-
KPK Tahan Bos-Bos Iklan Bank BJB, Dirut Yuddy Renaldi Mendadak Sakit Saat Akan Dibui
-
BRI Beri Diskon Spesial Seminar Johnny Andrean Lewat Aplikasi BRImo
-
Menuju IFRC 2026, ERT NHM Perdalam Teknik dan Strategi Penyelamatan
-
Gelar Dicopot! Profil Menantu Sultan Brunei yang Bikin Penasaran Publik, Ternyata Ini Kasusnya
-
PSSI Murka! Justin Hubner dan Keluarga Jadi Sasaran Ancaman, Publik Diminta Hentikan Serangan
-
Ridwan Kamil Siap-Siap, KPK Buka Peluang Panggil Lagi terkait Kasus Korupsi Bank BJB
-
Siswi Tertemper Kereta di Jurangmangu, 4 Perjalanan Commuter Line Terdampak
-
Dedi Mulyadi Ancam Tahan Bantuan Desa, Ini Penyebabnya!