Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Rabu, 29 Juli 2020 | 19:40 WIB
Ilustrasi pasangan berciuman. (Shutterstock)

Suara.com - Berciuman termasuk salah satu cara untuk mencurahkan perasaan kepada pasangan. Namun, terkadang si dia justru bisa kecewa karena menganggap pasangannya tidak jago ciuman.

Menjadi pencium yang baik memang butuh pengalaman. Bagi beberapa orang, ada proses panjang yang perlu dilalui juga.

Nah, melansir Insider, ada beberapa tips agar bisa menjadi seorang pencium yang baik menurut sains. Biar hubungan asmara yang dijalani lebih menggairahkan, simak uraian berikut.

Ilustrasi pasangan berciuman. (Shutterstock)

1. Memiringkan kepala secara benar

Memiringkan kepala ke sisi yang salah bisa bikin momen ciuman terasa canggung. Cara yang benar saat akan mulai mencium adalah memiringkan kepala ke kanan.

Sebuah penelitian menemukan dua pertiga orang memiringkan kepala ke kanan saat akan berciuman. Jadi, walau ini bukan ilmu pasti, teori ini mungkin dapat membantu mengurangi insiden canggung dengan pasangan.

2. Ambil waktu yang tepat

Berciuman memang salah satu cara untuk mengurangi ketegangan setelah bertengkar. Namun, mencium pasangan di waktu yang tidak tepat atau saat pasangan memiliki mood buruk akan membuat momen intim ini jadi kurang memuaskan.

Penyebabnya, hormon kortisol yang umumnya meningkat saat stres menghambat kemampuan pasangan untuk menikmati ciuman itu.

3. Periksa bau napas