Lifestyle / komunitas
Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi tenis meja. (Shutterstock)

Suara.com - Olahraga pingpong atau tenis meja terbilang populer di seluruh dunia. Namun, sebagian besar orang yang memainkannya mungkin mengira mereka bermain pingpong hanya untuk bersenang-senang. Padahal, sebenarnya ada banyak manfaat olahraga pingpong dari sisi kesehatan.

Olahraga praktis dan serba cepat ini bisa menjadi cara bagus untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Anda mungkin juga akan terkejut betapa banyak kalori yang dibakar selama satu pertandingan tenis meja.

Merangkum dari Pingpongruler, Rabu (8/2/2022), berikut manfaat olahraga pingpong yang begitu beragam. Mari lihat beberapa di antaranya.

Atlet para-tenis meja Indonesia, David Jacobs (kiri) saat menghadapi Luka Bakic asal Montenegro dalam matchday pertama babak penyisihan Grup B kelas 10 putra Paralimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Rabu (25/8/2021). [Dok. NPC Indonesia]

Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Baca Juga: Bulatkan Tekad Gerak Lebih Banyak, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Olahraga untuk Kesehatan Tubuh!

Saat bermain pingpong, Anda harus cepat dan bisa memukul bola yang datang. Artinya, Anda harus memiliki koordinasi mata-tangan yang baik. Bahkan jika awalnya tidak bagus, semakin banyak Anda berlatih, semakin baik hasilnya.

Meningkatkan ketajaman mental

Manfaat olahraga pingpong berikutnya adalah meningkatkan ketajaman mental. Olahraga ini juga bisa membantu meningkatkan ketajaman otak, terlebih jika Anda menyukai tantangan dan teka-teki.

Bermain olahraga pingpong juga membantu meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan mental, dan mengajarkan untuk menggunakan strategi taktis yang lebih baik saat melawan lawan. Pingpong adalah olahraga yang bagus untuk orang tua karena membantu meningkatkan kelincahan dan kewaspadaan.

Meningkatkan refleks

Baca Juga: 4 Self Healing Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah, Tidak Perlu Keluar Biaya!

Semakin sering bermain pingpong, semakin baik kemampuan refleks Anda. Permainan cepat ini membantu meningkatkan gerakan otot besar dan kecil. Otot akan berkembang sehingga memungkinkan untuk bereaksi, bahkan sebelum Anda berpikir.

Manfaat ini tidak hanya akan membantu dalam permainan, tetapi juga dengan banyak hal lain dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih sedikit risiko cedera sendi

Jika Anda memiliki masalah dengan lutut, punggung, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan, pingpong mungkin merupakan bentuk terapi fisik yang bagus. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan kekuatan pada lengan dan kaki serta otot inti, tanpa menimbulkan banyak tekanan pada persendian seperti olahraga lainnya.

Anda akan terbantu juga karena risiko cedera sendi tidak sebanyak jika berlari atau melakukan olahraga lainnya.

Ilustrasi memeriksa berat badan (Envato Elements)

Menurunkan berat badan

Semua jenis aktivitas fisik yang membakar kalori dapat membantu menurunkan berat badan. Begitu pula saat bicara tentang manfaat olahraga pingpong.

Banyak orang tidak menyadarinya, tetapi seseorang dengan berat sekitar 150 pon atau 68 kg dapat membakar sebanyak 272 kalori, hanya dengan bermain pingpong selama satu jam. Olahraga ini adalah cara yang bagus untuk membakar kalori sambil bersenang-senang.

Manfaat olahraga pingpong lainnya adalah bagus untuk menantang diri sendiri, baik secara mental maupun fisik, hingga menjadi sarana bersosialisasi. Terlibat dalam olahraga ini juga sesuatu yang baik untuk semua orang karena terbilang jauh lebih mudah diakses daripada olahraga kebanyakan.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar

terkini