Lifestyle / komunitas
Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi mencuci baju. (Pexels.com/Daria Sannikova)

Suara.com - Melihat noda tinta pada pakaian tentu menjadi salah satu hal yang menjengkelkan. Sayangnya hal ini cukup sering terjadi, terutama jika Anda suka menyimpan pulpen di dalam saku. Jadi, bagaimana cara menghilangkan tinta di baju yang efektif?

Untungnya, ada beberapa bahan rumahan yang dapat digunakan untuk membersihkan noda tinta di baju. Jangan lupa untuk memilih bahan pembersih tinta sesuai dengan pakaian Anda supaya lebih efektif!

Cara Menghilangkan Tinta di Baju dengan Berbagai Bahan Rumahan

Ilustrasi pria mencuci baju. (Shutterstock)

Hair Spray

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk saat Mencuci Baju, Terkesan Sepele tapi Sebaiknya Dihindari

Beberapa produk hair spray, khususnya yang mengandung alkohol, akan bekerja dengan sangat baik dalam membersihkan noda tinta pada pakaian. Caranya, cukup semprotkan hair spray ke area yang bernoda dan diamkan selama satu menit.

Setelah itu, ambil bola kapas dan gosokkan secara halus sampai noda terangkat. Selanjutnya, cuci pakaian untuk membersihkan noda yang tersisa. Cara ini akan bekerja dengan baik pada pakaian berbahan katun dan polyester.

Soda Kue dan Air

Cara menghilangkan tinta di baju selanjutnya dapat dilakukan dengan mencampurkan soda kue dan air. Gunakan perbandingan 2:1 antara soda kue dan air, lalu aduk rata sampai bertekstur seperti pasta.

Setelah itu, rendam kapas ke dalam adonan yang jadi dan gunakan untuk menggosok tinta yang terdapat pada pakaian kotor sampai memudar.

Baca Juga: Ketahui 4 Hal yang Kerap Menjadi Perhatian Perempuan Saat Membeli Pakaian

Cuka Putih

Selain digunakan sebagai penyedap rasa, rupanya cuka putih juga dapat membantu menghilangkan tinta di pakaian. Caranya, campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, gunakan untuk merendam pakaian yang terkena noda selama kurang lebih setengah jam.

Pastikan untuk menggunakan air dingin saat merendamnya dan bilas untuk menghilangkan noda yang tersisa.

Ilustrasi garam (unsplash/@wjtuinstra)

Garam

Cara menghilangkan tinta di baju berikutnya adalah memanfaatkan garam. Bahan satu ini tentu selalu ada di dapur Anda, kan? Garam rupanya juga dikenal efektif untuk membersihkan noda tinta pada pakaian. Namun, cara ini akan bekerja lebih efektif jika noda masih basah.

Caranya, tempelkan sedikit garam pada pakaian yang terkena tinta, kemudian gosok dengan handuk kertas basah. Lakukan sampai noda pada pakaian terangkat dan cuci seperti biasa.

Penghapus Cat Kuku

Jika Anda mencari alternatif penghilang noda tinta pada pakaian berbahan jeans, penghapus cat kuku adalah jawabannya. Kandungan alkohol pada nail polish remover dapat bekerja dengan baik.

Caranya, rendam kapas dalam cairan penghapus kuku lalu oleskan pada tinta yang terdapat pada pakaian berbahan jeans milik Anda.

Pasta Gigi

Tidak hanya berfungsi membersihkan sisa kotoran pada gigi, rupanya pasta gigi juga bagus untuk menghilangkan noda tinta dari pakaian putih hingga berwarna.

Caranya, ambil pasta gigi secukupnya dan letakkan di area yang bernoda. Gosok dengan lembut area tersebut sampai tinta perlahan memudar. Beri sedikit penekan, jika nodanya tidak juga hilang.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan tinta di baju dengan berbagai bahan rumahan. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar

terkini