Lifestyle / female
Rima Sekarani Imamun Nissa
Cuaca panas bisa merusak kulit wajah bila tak dilindungi dengan tabir surya. (Shutterstock)

Suara.com - Orang dengan kulit sensitif sangat rentan terhadap peradangan atau iritasi yang menyebabkan kemerahan, ruam, hingga terbakar sinar matahari. Dibutuhkan perawatan ekstra untuk melindungi kulit sensitif.

Merangkum Times of India, Rabu (6/4/2022), berikut beberapa tips melindungi kulit sensitif yang penting untuk Anda terapkan.

Melindungi tubuh dari paparan sinar matahari langsung

Penting untuk menutupi kulit Anda saat bepergian. Jangan biarkan kulit Anda terkena sinar matahari terlalu lama secara langsung. Jadi, jangan lupa untuk membawa payung, kacamata hitam, dan topi besar ketika beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Jadwal Tepat Minum 8 Gelas Air Putih di Malam Hari Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

Ilustrasi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Shutterstock)

Pakai tabir surya

Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain dapat menyebabkan sunburn, kedunaya juga dapat memicu penuaan dini, bintik hitam, serta garis-garis halus dan kerutan.

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih adalah sebuah kewajiban, bahkan jka Anda hanya beraktivitas di dalam ruangan.

Jaga diri Anda agar tetap terhidrasi

Tips melindungi kulit sensitif saat cuaca panas berikutnya adalah banyak minum air. Minumlah setidaknya 7-8 gelas, bisa air putih biasa atau infused water setiap hari agar Anda selalu terhidrasi dan kulit tetap bersinar.

Baca Juga: Agar Tampilan Tetap Segar Selama Puasa, Ini 5 Cara Jaga Kesehatan Bibir Supaya Tidak Kering

Selain itu, pilih sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak air untuk menjaga asupan nutrisi.

Membersihkan wajah

Cuci muka dua kali sehari dengan gentle cleanser tanpa busa, bebas minyak, dan nonkomedogenik untuk kulit sensitif. Membersihkan wajah sangat penting untuk menghilangkan minyak dan polusi dari pori-pori.

Gunakan eksfoliator lembut untuk mengangkat kulit mati. Jangan gunakan scrub yang keras pada kulit jika Anda rentan terhadap alergi karena dapat merobek kulit dan menyebabkan iritasi.

Ilustrasi banyak minum air putih. (Freepik/@azerbaijan_stockers)

Gunakan pelembap water-based

Alih-alih pelembap berbahan dasar minyak, gunakan pelembap hipoalergenik water-based atau berbahan dasar air. Sama-sama menghidrasi, pelembap water-based lebih ringan dan lembut di kulit.

Itulah beberapa tips melindungi kulit sensitif yang dapat Anda terapkan, terutama saat cuaca panas. Semoga bermanfaat!

Komentar

terkini