Suara.com - Madu dan sirup maple sering disebut sebagai alternatif yang lebih sehat untuk gula biasa. Apakah benar seperti itu?
Dalam upaya memahami manfaat dan risiko dari pemanis ini, para ahli gizi memberikan pandangan yang berimbang terkait pemakaian madu, sirup maple, dan agave nectar.
Apakah Madu dan Sirup Maple Lebih Sehat?
Melansir Chanel News Asia, dalam dunia kesehatan, penting untuk menyadari bahwa semua pemanis, termasuk madu dan sirup maple, tetap diklasifikasikan sebagai gula tambahan.
Meskipun pasar sering melabeli mereka sebagai pilihan yang "lebih alami" atau "lebih sehat", kenyataannya tidak seperti itu.
Tubuh tak membedakan antara gula yang berasal dari madu atau sirup maple dan gula biasa. Keduanya akhirnya akan terpecah menjadi molekul yang sama, yakni glukosa dan fruktosa.
Menurut dr. Kimber Stanhope, seorang peneliti nutrisi di Universitas California, meskipun madu dan sirup maple memiliki kandungan mineral dan antioksidan tambahan, tapi manfaat tersebut seringkali tidak cukup signifikan untuk mengurangi efek buruk dari konsumsi gula berlebih.
Bahaya Konsumsi Gula Berlebih
Konsumen perlu mewaspadai dampak negatif dari gula tambahan. Ketika gula masuk ke dalam sistem tubuh, ia dapat menyebabkan kadar gula darah cepat naik.
dr. Karen Della Corte, profesor ilmu nutrisi di Brigham Young University, menjelaskan bahwa gula dalam buah dan sayuran diproses dengan cara yang berbeda karena adanya serat.
Serat ini memperlambat pencernaan dan mencegah menampilkan gula darah yang berbahaya.
Baca Juga: Status Pengantin Baru, Amanda Manopo dan Kenny Austin Malah Tunda Bulan Madu
Sementara itu, gula dalam bentuk tambahannya, seperti gula rafinasi dan sirup jagung fruktosa tinggi, cepat masuk ke aliran darah dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, termasuk resistensi insulin dan diabetes tipe 2.
Lebih jauh lagi, konsumsi gula berlebih dapat memicu hati untuk mengubah sebagian gula menjadi lemak, meningkatkan risiko gangguan metabolik.
Fakta Tentang Madu dan Sirup Maple
Beberapa penelitian tentang madu dan sirup maple telah menimbulkan pertanyaan apakah mereka benar-benar pilihan yang lebih baik.
Sebuah penelitian yang didanai oleh industri sirup maple menunjukkan bahwa konsumsi sirup maple dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung.
Namun, dr. Stanhope mengatakan bahwa metodologi analisis tersebut perlu dipertanyakan, karena bisa saja menghasilkan data yang mendukung industri.
Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2015, yang juga didanai oleh industri madu, ditemukan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam kadar glukosa, kolesterol, atau peradangan antara mereka yang mengkonsumsi madu dan mereka yang mengkonsumsi gula biasa.
Berita Terkait
Terpopuler
- Demi Ketenangan Almarhum, Orang Tua Affan Kurniawan Mohon Tak Ada Peringatan Setahun Kematian
- Masuk Desil 10 Padahal Penghasilan Pas-pasan? Jangan Panik, Ini Arti dan Penjelasan Resminya
- 12 Ikan Hias Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui, Cocok untuk Akuarium di Rumah
- Jelang FIFA ASEAN Cup 2026, Kevin Diks Tegas Sistem Empat Bek Lebih Cocok
- Mau Terlihat Lebih Muda? Ini 5 Pilihan Warna Lipstik yang Bisa Dicoba
Pilihan
-
Gempa 6,4M Guncang Sumatera Utara sampai Sumbar
-
Masih Banyak Warga NTT Terjebak di Bawah Reruntuhan Bangunan, 2000 Orang Mengungsi
-
Info Terbaru Gempa NTT: 15 Warga Manggarai Tewas, 280 Bangunan Jadi Puing
-
5 Bandara Rusak Diguncang Gempa NTT, Landasan Pacu Sampai Retak
-
Pesona Masjid Pancasila Kediri: Sederhana di Luar, Bikin Pangling di Dalam
Terkini
-
BRI Hadirkan Cashback dan Lelang Gadget Mewah di Kampoeng Tempo Doeloe 2026
-
Merawat Budaya, Menggerakkan Ekonomi: Perjalanan Kemiren Bersama Astra
-
BNPB Instruksikan 8 Langkah Penanganan Gempa M 7,7 di NTT
-
BRI Peduli Hadir untuk Korban Gempa Flores, Salurkan Bantuan dan Dukung Pemulihan
-
BRI Peduli Respons Cepat Gempa Flores, Bantuan Disalurkan ke Maumere dan Mbay
-
Persebaya vs Penang FC Jadi Ajang Rotasi Pemain, Apa Target Bernardo Tavares?
-
Bantu Warga Terdampak Gempa Flores, Relawan BRI Peduli Salurkan Kebutuhan Pokok
-
Gempa Guncang Flores, BRI Peduli Sigap Bantu Warga dan Dukung Pemulihan Pascabencana
-
Novel Celebrity Wedding, Pernikahan Kontrak Antara Akuntan Publik dan Musisi
-
SBY Minta Maaf, Ungkap Alasan Absen Upacara HUT RI ke-81