Potret B.J Habibie Menangis Sesaat Setelah Ani Yudhoyono Wafat (Twitter)

Suara.com - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie telah menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatoto Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019). Habibie wafat di ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Putra kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengatakan ayahnya meninggal pukul 18.05 WIB. Ia menyebut penyebabnya adalah faktor usia.

"Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden Ketiga RI, BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Ia menyebut faktor lainnya adalah karena jantung yang sudah melemah. Ia mengapresiasi dokter yang sudah berusaha semampunya untuk menyembuhkan Habibie.

"Jantungnya sudah berhenti beraktifitas, seperti yang saya bilang, karena umur dan aktifitas yang banyak," kata Thareq.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Akbar Tanjung sebelumnya mengatakan di RSPAD Gatot Soebroto sudah ada keluarga Habibie, termasuk anak dan cucu-cucunya.

"Saya hanya bisa melihat dari kaca, beliau didampingi keluarga, cucu-cucu. Saya juga minta kesempatan melihat langsung dari dekat," ujar Akbar.