Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pidato sambutan selamat datang kepada ribuan kader Partai Nasdem, yang menggelar Kongres ke-2 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019). [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pidato sambutan selamat datang kepada ribuan kader Partai Nasdem, yang menggelar Kongres ke-2 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

Dalam sambutannya, Anies mengenang semangat Sumpah Pemuda yang baru dilewati Indonesia 11 hari lalu. Dia berharap Nasdem bisa mendalami nilai-nilai Sumpah Pemuda.

"Hari ini kita merasakan efek dari kongres itu, persatuan hadir di antara kita dan pemersatunya adalah bahasa. Indonesia ada ratusan bahasa, ratusan suku bangsa tapi kita mampu bersepakat satu bahasa bersama yaitu bahasa Indonesia," kata Anies di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meyakini, partai besutan Surya Paloh itu bisa menjaga persatuan Indonesia dengan semangat Sumpah Pemuda.

"Saya percaya Partai NasDem hari ini berkongres untuk kedua kalinya akan menjadi motor penjaga persatuan Indonesia," tegasnya.

Diketahui, Partai NasDem menggelar Kongres ke II di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 8 - 11 November 2019.

Sebanyak 7.000 peserta lebih diperkirakan akan hadir dalam Kongres ke II NasDem tersebut.

Dalam kongres itu Partai NasDem juga akan membicarakan terkait penyusunan langkah strategis politik untuk lima tahun ke depan.

Setidaknya, ada tiga poin yang ditargetkan Partai NasDem, yakni mencanangkan kemenangan Pilkada serentak 2020, Pileg 2024, hingga Pilpres 2024.