Dwi Bowo Raharjo
Sabtu, 30 November 2019 | 14:35 WIB
Tulisan Padang Kota Tercinta di puncak Gunung Padang terbakar pada Sabtu (30/11/2019). (Antara/Istimewa)

Suara.com - Ikon kota padang bertuliskan "Padang Kota Tercinta" di puncak Gunung Padang, Sumatera Barat, terbakar pada Sabtu (30/11/2019) sekitar pukul 05.30 WIB. Padahal ikon itu baru dibangun pada tahun 2017 dengan anggaran yang bersumber dari APBD sekitar Rp 6,37 miliar.

Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Basril mengatakan kebakaran tersebut hanya menyisahkan huruf N dan G saja.

Untuk menjinakkan si jago merah, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang mengerahkan enam armada pemadam dan 70 personel untuk memadamkan kebakaran di area tersebut.

"Dan juga ditambahkan dengan satu unit dari dinas kehutanan Provinsi Sumbar yang ikut serta memadamkan api," kata Barsil seperti diberitakan Antara.

Basril menuturkan, petugas sempat mengalami kesulitan saat memadamkan api. Hal ini dikarenakan lokasi kebakaran terlalu tinggi, sehingga susah memobilisasi personel, air, dan peralatan ke sana.

"Jangankan membawa selang ke atas, untuk membawa badan saja susah, karena kami melalui jalan yang bersemak-semak" ujar dia.

Api kata Basril, baru bisa dipadamkan sekitar satu jam dan pendinginannya butuh waktu sekitar dua jam.

"Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan," katanya.

Terkait dugaan penyebab kebakaran, Basril mengatakan pihaknya masih melakukan penyidikan.

Read more...