Dany Garjito | Chyntia Sami Bhayangkara
Rabu, 29 Juli 2020 | 15:37 WIB
Aplikasi virtual hand sanitizer (Google Play)

Suara.com - Media sosial dihebohkan dengan munculnya aplikasi bernama Virtual Hand Sanitizer. Sesuai namanya, aplikasi tersebut menyediakan hand sanitizer yang bisa dipakai secara virtual.

Sejak Covid-19 merebak, hand sanitizer menjadi salah satu barang langka yang selalu ludes diburu warga. Namun, kini masyarakat bisa menggunakan hand sanitizer secara virtual.

Dari penelusuran Suara.com, Rabu (29/7/2020), pengembang bernama LongCatlcedTea (LCIT) menciptakan aplikasi tersebut yang diberi nama Virtual Hand Sanitizer. Aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna.

Dalam aplikasi tersebut akan ditampilkan sebotol berisi hand sanitizer. Pengguna cukup diminta untuk menekan bagian tutup botol untuk mengeluarkan cairan hand sanitizer.

Aplikasi virtual hand sanitizer (Google Play)

Sesuai namanya, cairan yang dikeluarkan dari dalam botol tidak nyata, hanya secara virtual. Setelah cairan dalam botol habis, pengguna bisa kembali mengisi ulang pada tombol yang disediakan.

Pada kolom keterangan aplikasi di Google Play, pengembang menjelaskan bahwa aplikasi tersebut hanyalah aplikasi simulasi pembersih tangan.

"Aplikasi ini hanya mensimulasikan pembersih tangan. Aplikasi ini tidak dapat mensterilkan tangan Anda! Cuci tangan dengan benar, tetap sehat dan bersenang-senanglah dan nikmati!" demikian keterangan aplikasi tersebut.

Aplikasi virtual hand sanitizer (Google Play)

Kemunculan aplikasi tersebut sontak viral di media sosial. Banyak warganet yang gregetan dengan manfaat aplikasi tersebut hingga menjadikannya sebagai aplikasi penyalur bosan.

"Wah terima kasih, semenjak saya download ini saya semakin gila dan saya pun semakin gila. Saya sudah share ke seluruh orang agar menjadi gila seperti saya. Saya sudah nggak takut sama virus corona lagi. Terima kasih ya sudah membuat saya gila.. sama-sama," kata salah seorang pengguna.

"Setelah saya menginstal aplikasi ini, hidup saya langsung berubah. Karena saya langsung pergi keluar dan mengajak gelut siapapun yang lewat di depan saya. Kebetulan saya ketemu sama John Ceena dan saya ajak gelut juga, sekarang Anda pasti tahu saya ada dimana," ungkap seorang pengguna lainnya.