News / nasional
Rifan Aditya
Ilustrasi hujan - (PIxabay/PublicDomainPictures)

Suara.com - Sebagian masyarakat Indonesia pasti dibuat bertanya-tanya kapan musim hujan 2020 dimulai. Pasalnya, walaupun sudah memasuki pertengahan bulan September, sebagian besar wilayah di Indonesia masih mengalami musim kemarau.

Cuaca panas juga terasa dalam beberapa hari terakhir. Bahkan kata "panas" menjadi trending topik di Twitter. Warganet dari berbagai daerah membuat cuitan yang mengeluh panasnya cuaca akhir-akhir ini.

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, simak penjelasan BMKG terkait kapan musim hujan 2020 dimulai berikut ini.

Awal Musim Hujan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa awal musim hujan 2020 diperkirakan akan mundur jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Melansir setkab.go.id, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyampaikan bahwa musim hujan 2020 di Indonesia akan dimulai secara bertahap di akhir bulan Oktober 2020. Tahapan musim hujan ini juga diperkirakan akan dimulai dari wilayah Indonesia Barat.

Tahapan dan Puncak Musim Hujan

Melansir rilis bmkg.go.id, awal musim hujan 2020 diprediksi akan dimulai pada bulan Oktober untuk 34.8% wilayah yang meliputi sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sementara itu, 38.3% wilayah akan memasuki musim hujan pada bulan November, termasuk Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Barulah di bulan Desember mendatang akan ada 16.4% wilayah yang memasuki musim hujan.

Lebih lanjut, puncak musim hujan 2020/2021 di sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2021 mendatang.

Potensi La Nina

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.