News / nasional
Rifan Aditya
Ilustrasi cepu, tukang mengadu (Shutterstock)

Suara.com - Beberapa waktu lalu, heboh di media sosial membahas tentang “Cepu” karena curhatan Prilly Latuconsina di close friends di akun Instagramnya. Curhatan Prilly tersebut disebarkan oleh salah satu teman close friends Instagramnya. Akhirnya warganet menilai bahwa temannya adalah “cepu”. Lantas apa arti cepu?

Cepu merupakan bahasa gaul yang kini kerap kali digunakan oleh kebanyakan orang. Cepu memiliki arti yaitu “tukang mengadu”.

Cepu sendiri merupakan sebuah tindakan pengkhianat atau orang yang menusuk dari belakang. Hal ini dimaksudkan seperti seseorang yang membicarakan kita dari belakang ke orang lain dengan memberitahu perbuatan atau aib ke orang lain.

Tindakan cepu ini memiliki dampak negatif bagi orang di sekitar. Privasi yang seharusnya tidak boleh disebarkan ke orang lain menjadi bocor dan kemudian akan merugikan orang tersebut.

Baca Juga: Yuk Lihat Gerhana Bulan Penumbra Senin Besok, Apa Itu?

Sikap cepu ini berbahaya jika kita memiliki privasi atau rahasia dan kemudian bocor ke orang lain karena kepentingan mereka untuk menjatuhkan kita.

Banyak sekali kasus penyebab seseorang berawal dari berteman atau sahabat kemudian berangsur tidak kembali dekat karena tindakan cepu yang merugikan ini.

Arti kata cepu yang lain

  1. Cepu = cembul yang dibuat dari kayu (perak dan sebagainya)
  2. Cepu = informan polisi
  3. Cepu = nama kecamatan di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Demikian penjelasan apa arti cepu dalam bahasa gaul yang baru-baru ini trending di media sosial.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Baca Juga: Apa Itu Thrifting? Berikut Arti Thrifting, Plus Tips dan Trik Berbelanja

Komentar