News / internasional
Reza Gunadha | Rima Suliastini
Jared Kushner dan istrinya, Ivanka Trump. (Instagram/@ivankatrump)

Suara.com - Menantu Donald Trump, Jared Kushner dinominasikan sebagai penerima Nobel Perdamaian bersama wakilnya saat menjadi penasihat senior Gedung Putih, Avi Berkowitz.

Menyadur Tha Guardian Senin (01/02), Kushner diyakini cocok menerima hadiah itu atas perannya dalam negosiasi kesepakatan normalisasi Israel dengan negara-negara Arab atau yang dikenal sebagai 'Abraham Accords'.

Jared Kushner dan Avi Berkowitz adalah tokoh kunci dalam perundingan kesepakatan antara Israel dan Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Dua orang kepercayaan Donald Trump itu dinominasikan oleh pengacara Amerika Alan Dershowitz, yang memenuhi syarat untuk melakukannya dalam kapasitasnya sebagai profesor emeritus di Harvard Law School.

Baca Juga: Tak Boleh Pakai Toilet Ivanka Trump, Secret Service Terpaksa Sewa Apartemen

Dershowitz membela Trump dalam sidang pemakzulan pertamanya tahun lalu dan mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa Senat harus menolak artikel pemakzulan terhadap Trump, karena sudah tak lagi menjabat.

Nobel Perdamaian dalam video unggahan Donald Trump. (Twitter/@realDonaldTrump)

Abraham Accords diumumkan antara pertengahan Agustus dan pertengahan Desember dan merupakan terobosan diplomatik paling signifikan di Timur Tengah dalam 25 tahun saat kawasan itu bersiap untuk konfrontasi dengan Iran.

Jared Kushner mengatakan dirinya tersanjung karena dinominasikan untuk Nobel Perdamaian, yang akan diberikan pada bulan Oktober.

Nama suami Ivanka Trump itu masuk dalam daftar nominasi bersama Greta Thunberg dan Alexei Navalny. Di mana didukung oleh anggota parlemen Norwegia yang memiliki rekam jejak dalam memilih pemenang.

Baca Juga: Kacau, Ivanka Trump Sebut Perusuh Gedung Capitol sebagai Patriot Amerika!

Komentar