News / nasional
Agung Sandy Lesmana | Yaumal Asri Adi Hutasuhut
Massa BEM SI rela diguyur hujan saat melakukan longmarch demonstrasi 7 tahun kepemimpinan Jokowi. (Suara.com/Yaumal)

Suara.com - Ratusan mahasiswa pengujuk rasa bertema 'Aksi Nasional, Seruan Gruduk Istana Oligarki' telah berkumpul di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021). Massa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang memperingati 7 tahun kepemimpinan Presiden Jokowi melakukan longmarch meski dalam kondisi hujan deras.

Pantauan Suara.com, setidaknya ada sekitar 100 mahasiswa yang sudah berkumpul. Meski diguyur hujan tidak mengurungkan niat mereka untuk tetap berunjuk rasa. 

Sebelumnya, Koordinator Bidang Isu Hukum dan HAM serta Korupsi BEM SI,  Zakky Musthofa Zuhad mengatakan aksi ini rencananya diikuti seribu mahasiswa. 

"Sekitar 1000-an yang terkonfirmasi," kata Zakky saat dikonfirmasi wartawan. 

Baca Juga: Demo 7 Tahun Rezim Jokowi, Massa BEM SI Basah Kuyup Diguyur Hujan

Selain di Istana Negara, Jakarta, aksi unjuk rasa juga digelar BEM SI di sejumlah wilayah di Indonesia. 

"Lampung, Riau, Palembang, Kalimantan, NTB, Solo, Yogyakarta, dan lain-lain,"  ujar Zakky. 

Massa BEM SI rela diguyur hujan saat melakukan longmarch demonstrasi 7 tahun kepemimpinan Jokowi. (Suara.com/Yaumal)

Khianati Rakyat

Berdasarkan undangan  yang disebar BEM SI,  unjuk rasa mereka gelar karena menilai selama tujuh tahun pemerintahan Jokowi banyak persoalan yang belum terselesaikan. Mereka pun menyebut selama itu Jokowi mengkhianati rakyat. 

"Tujuh tahun Jokowi mengkhianati rakyat. M.aka dari itu, kami mengajak seluruh Mahasiswa di Indonesia dari sabang sampai merauke dan seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti Aksi Nasional, Seruan Gruduk Istana Oligarki," tulis BEM SI dalam undangannya. 

Baca Juga: Nadiem, Firli Bahuri Hingga Luhut Panjaitan, BEM UI Desak Jokowi Copot 9 Pejabat Ini

Rabu 20 Oktober kemarin, tepat dua tahun Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia, setelah resmi terpilih berdasarkan hasil pemilihan umum yang diselenggarakan pada 2019 lalu. 

Komentar