News / metropolitan
Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
Angga Sasongko. [Instagram/anggasasongko]

Suara.com - Sutradara Angga Sasongko menyuarakan pendapatnya mengenai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Jawa Timur. Diketahui, momen itu mendapatkan sorotan setelah panitia mengenakan kostum 'pink soldier' dalam serial Netflix, Squid Game.

Peristiwa itu terjadi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur. Aksi panitia itu juga diwarnai dengan bunyi sirene dan suara latar belakang yang mencekam khas serial Squid Game.

Melalui akun Twitternya, Angga menilai aksi panitia memakai kostum ala Squid Game itu tidak pantas. Apalagi, panitia juga membawa senjata laras panjang palsu yang ditodongkan ke peserta SKD CPNS.

Angga turut menyinggung perizinan Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI. Ia mempertanyakan apakah Kemenkumham sudah meminta izin mengenai penggunaan kostum Squid Game.

Baca Juga: Viral Suami Kesal Istri Masak Kangkung Tiap Hari, Jatah Bulanan Jadi Sorotan

Terlebih, ide penggunaan kostum Squiq Game itu diadakan oleh Kemnenkumham. Angga mengingatkan Kemenkumhan merupakan instansi yang menaungi Dirjen HAKI.

"Selain inappropriate, @Kemenkumham_RI yang di dalamnya ada Dirjen HAKI udah ijin sama pemilik IP-nya belum tuh?" tanya Angga Sasongko sebagai keterangan Twitter seperti dikutip Suara.com, Jumat (22/10/2021).

Angga Sasongko Kritik Tes CPNS Kostum Squid Game. (Twitter/@anggasasongko)

Tak hanya HAKI, Angga juga menyinggung perizinan musik yang digunakan dalam video SKD CPNS tersebut. Ia mengatakan penggunaan musik oleh Kemenkumham itu juga harus memiliki izin.

"Musik di dalam videonya pun perlu dipertanyakan izinnya," pesan Angga Sasongko.

Hingga berita ini dipublikasikan, kritikan Angga Sasongko itu sedikitnya telah di-retweet 600 kali dan mendapatkan 1.300 tanda suka.

Baca Juga: Viral Emak-emak Bubarkan Pendemo di Makassar: Kau Islam, Salat Magrib

Warganet juga ramai membanjiri cuitan Angga Sasongko di kolom komentar. Mereka menuliskan beragam pendapat mengenai penggunaan kostum Squid Game.

Komentar