News / nasional
Chyntia Sami Bhayangkara
Tips Membersihkan Rumah Setelah Ditinggal Mudik. (Pexels)

Suara.com - Setelah meninggalkan rumah selama beberapa waktu untuk mudik lebaran 2022, kita dihadapkan dengan pekerjaan rumah yang melelahkan salah satunya adalah membersihkan rumah.  Ada tips membersihkan rumah setelah ditinggal mudik lebaran.

Meski sebelum berangkat mudik sudah dibersihkan, pastinya banyak debu yang kembali muncul mulai dari lantai dan perabotan rumah hingga daun yang berjatuhan di halaman rumah. Berikut ini adalah tips membersihkan rumah setelah ditinggal mudik lebaran 2022.

Membersihkan Area Luar Rumah atau Halaman

Area halaman rumah menjadi hal yang mudah dilihat orang lain dari luar. Oleh karenanya, membersihkan halaman rumah menjadi sebuah kewajiban. Kamu dapat mengumpulkan daun-daun kering yang berguguran menjadi satu, membersihkan tong sampah hingga memotong rumput yang mulai tinggi.

Baca Juga: Kakorlantas Minta Jajarannya Tak Berkecil Hati Saat Tugas Kawal Mudik Lebaran 2022

Membersihkan Seluruh Perabotan Rumah

Perabotan rumah akan terlihat berdebu setelah lama ditinggal mudik. Kamu dapat menggunakan lap kering maupun lap basah untuk membersihkan setiap debu yang menempel pada perabotan rumah. Pastikan lap tidak terlalu basah sehingga tidak merusak perabotan yang mudah rusak jika terkena air.

Membersihkan Kamar Mandi

Kuman dan penyakit lebih mudah menempel di area-area lembab salah satunya adalah kamar mandi. Pertama, kamu dapat membuka pintu kamar mandi untuk membiarkan udara segar kembali masuk ke dalam ruang kamar mandi, setelah itu kamu dapat menggunakan baking soda maupun sabun pencuci kamar mandi untuk membersihkan permukaan kamar mandi. Pastikan kamar mandi bersih hingga ke sela-sela yang sulit untuk dijangkau.

Membersihkan Kamar Tidur

Baca Juga: Libur Lebaran Ini Okupansi Hotel di Jawa Timur Meloncak 75 hingga 80 Persen

Kenyamanan tidur kamu berpengaruh terhadap kebersihan kamar tidur. Kamu dapat membuka ventilasi udara untuk mengganti udara pengap dengan udara segar. Setelah itu ganti sprei, bersihkan perabotan yang berdebu dan merapikan tumpukan pakaian yang ada di lemari.

Komentar

terkini