Otomotif / autoseleb
RR Ukirsari Manggalani
Salah satu pesepakbola legendaris Brasil, Zico atau lengkapnya Arthur Antunes Coimbra. Ia turun di Piala DUnia 1982 bersama skuad Negeri Samba lainnya, seperti Falcão, Sócrates, Éder, Cerezo dan Júnior [Shutterstock].

Suara.com - Zico, Toyota Celica, pengguna jalan raya, pengawalan polisi, unicycle, Kia EV6, mobil listrik, Sumatera, perusahaan otobus, transportasi darat, dan Ducati Monster menjadi highlight dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com pagi ini. Dengan materi yang dipetik dari tayangan pagi kemarin hingga menjelang tengah malam tadi.

Zico atau lengkapnya Arthur Antunes Coimbra adalah salah seorang pemain sepak bola legendaris dari Brasil. Ia turun di Piala Dunia 1982 bersama skuad Negeri Samba, bertarung bersama para pesohor lain seperti Falcão, Sócrates, Éder, Cerezo serta Júnior. 

Nah, saat kesebelasannya, Flamengo, mengalahkan kesebelasan Britania Raya, Liverpool, dalam Continental Cup 1981, Zico mendapat kado mobil yang masih ia gunakan hingga kini. Awet, bukan? Mengingat kejuaraan itu berlangsung puluhan tahun silam!

Dari Korea Selatan, Kia Corporation yang telah mengubah logo perusahaan baru saja membagi potret perdana mobil listrik produksinya. Satu model dari 11 macam kendaraan terelektrifikasi sebagai janjinya kepada pasar global.

Diberi tajuk Kia EV6, inilah mobil pertama yang digarap menggunakan platform eksklusif milik Hyundai Motor Group. Penanganannya serupa saat mengerjakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Dari dalam negeri, para petugas Polisi Lalu Lintas dari Polda Metro Jaya kini mendapat amanah baru. Yaitu tidak dibolehkan mengawal rombongan motor gede atau moge serta pesepeda kayuh. Alasannya, agar tidak menimbulkan kecemburuan dengan sesama pengguna jalan raya.

Masih topik di Tanah Air sendiri, perusahaan otobus adalah salah satu dari sektor bisnis yang sangat terimbas oleh kehadiran virus Corona penyebab pandemi Covid-19. Nah, untuk mengatasi situasi ini, "Sumatera Roadshow Bus 2021" telah bergulir dari Ibu Kota Jakarta menuju Swarnadwipa untuk mempertemukan pelaku industri dengan  pemangku kebijakan. 

Dan sebagai penutup, adalah tampilan unik sebuah unicycle. Sepeda motor satu roda dengan tampilan fisik mengingatkan kepada Ducati Monster. Senada dengan kendaraan bertenaga listrik itu, tunggangan satu ini juga mengandalkan bahan bakar non-minyak bumi.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat beraktivitas, dan jaga selalu diri sendiri dan orang tercinta serta sekitar dengan protokol kesehatan.

1. Kesetiaan Legenda Brasil Gunakan Mobil Hasil Hadiah Saat Kalahkan Liverpool

Zico. (Shutterstock)

Salah satu legenda pesepakbola asal Brasil, Zico, masih setia dengan mobil tua hasil pemberian hadiah saat mengalahkan raksasa Inggris, Liverpool.

Seperti dilansir dari The Sun, mantan gelandang andalan Timnas Brasil tersebut hingga saat ini masih menggunakan mobil Toyota Celica.

Baca selengkapnya

2. Pupus Kecemburuan Pengguna Jalan Raya, Tak Ada Pengawalan Moge dan Sepeda

Ilustrasi bersepeda (Pexels)

Direktorat Lalu Lintas  atau Ditlantas Polda Metro Jaya melarang jajarannya untuk mengawal rombongan mobil mewah, motor gede atau moge, hingga kelompok pesepeda kayuh atau sepeda biasa. Larangan itu dilakukan untuk menghindari kecemburuan di antara para pengguna jalan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyatakan bahwa pelarangan ini adalah kebijakan baru yang diambil pihaknya.

Baca selengkapnya

3. Bertampang ala Ducati Monster, Motor Satu Roda Ini Harganya Bikin Heran

Motor unik pakai satu roda. (rideapart.com)

Hadirnya motor bermesin elektrik agaknya memudahkan perancang kendaraan untuk menerapkan desain yang unik dan anti mainstream.

Pun demikian dengan yang satu ini. Punya desain yang seolah terinspirasi dari Ducati Monster, sebuah motor elektrik berhasil menyita perhatian lantaran desainnya yang sulit disamai.

Baca selengkapnya

4. EV6 Model 2022, Edisi Perdana dari 11 Mobil Listrik yang Dijanjikan Kia

Logo baru KIA yang dilukis oleh drone di langit Incheon, Korsel pada Rabu (6/1/2021). [Dok Kia]

Setelah melakukan rebranding, termasuk mengganti desain logo perusahaan dan mencanangkan akan meluncurkan 11 mobil listrik mulai 2026, Kini Kia Corporation mulai merealisasikan janjinya. Edisi perdana adalah menyuguhkan Kia EV6 tahun model 2022.

Dikutip dari Car and Driver, Kia EV6 akan menjadi produk perdana carmaker Korea Selatan yang dibuat secara eksklusif menggunakan Platform Modular Listrik-Global (E-GMP) dari Hyundai Motor Group.

Baca selengkapnya

5. Sumatera Roadshow Bus 2021 Siap Gairahkan Kembali Transportasi Massal

Mercedes-Benz OC500 RF 2542 milik PO SAN yang digunakan selama Sumatera Roadshow 2021 [Dok Perpalz TV].

PerpalZ TV menggelar acara road show seru bertajuk Sumatera Roadshow Bus 2021 untuk menjumpai para pelaku usaha di bidang transportasi darat, khususnya bus, yang ada di Sumatera. Menempuh rute total 6.300 km pulang pergi dari Jakarta menuju Sumatera dan kembali lagi, selain jumpa pentolan perusahaan otobus, juga akan mendatangi daerah-daerah wisata dan kekayaan kuliner daerah yang ditemui di sepanjang perjalanan.

Adapun pelaku otobus yang bakal dijumpai di Sumatera jumlahnya lebih dari 25 perusahaan, dan Perpalz TV siap mengulik sejarah, teknologi, regulasi hingga perkembangan kondisinya. Termasuk dalam agenda adalah berkunjung ke perusahaan otobus tua, dengan surat izin diterbitkan Belanda sekitar 1930-an.

Baca selengkapnya

Komentar